FOKUS: #PPKM MIKRO

Jadwal, Syarat, Ketentuan, KA Lokal Kawasan Aglomerasi

Setelah berhenti beroperasi pada masa PPKM, kini Kereta Api (KA) Lokal Daop 1 Jakarta, KA Walahar (relasi Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP) dan KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat) kembali beroperasi mulai Rabu, 22 September 2021, untuk melayani masyarakat yang akan berpergian di wilayah aglomerasi (Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta)

KBRN, JAkarta: Setelah berhenti beroperasi pada masa PPKM, kini Kereta Api (KA) Lokal Daop 1 Jakarta, KA Walahar (relasi Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP) dan KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat) kembali beroperasi mulai Rabu, 22 September 2021.

"Untuk melayani masyarakat yang akan berpergian di wilayah aglomerasi," demikian keterangan resmi yang dikeluarkan Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, yang diterima RRI.co.id, Kamis (23/9/2021) pagi.

Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelanggan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi, melalui aplikasi PeduliLindungi di kawasan aglomerasi:

- Penumpang telah divaksin minimal dosis pertama

- Menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi atau kartu vaksin

- Menunjukkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah, apabila belum dapat divaksin karena kondisi tertentu

- Anak-anak dibawah umur 12 tahun, untuk sementara tidak diperkenankan melakukan perjalanan

KA Lokal Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp4.000 (empat ribu rupiah). 

Sebelumnya, pada masa normal sebelum pandemi KA Lokal Walahar memiliki relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP. Untuk KA Lokal Jatiluhur memiliki relasi Stasiun Cikampek-Cikarang dengan tarif Rp3.000 (tiga ribu rupiah), dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat tarifnya Rp5.000 (lima ribu rupiah).

BACA JUGA: KA Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi Pakai PeduliLindungi

Berikut jadwal keberangkatan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi: 

KA Walahar (Cikarang-Purwakarta)

- KA 384 Walahar keberangkatan pukul 05.45 WIB

- KA 386 Walahar keberangkatan pukul 07.00 WIB

- KA 388 Walahar keberangkatan pukul 11.20 WIB

- KA 390 Walahar keberangkatan pukul 15.35 WIB

- KA 392 Walahar keberangkatan pukul 18.37 WIB

KAJatiluhur

- KA 393 Jatiluhur (Cikampek - Cikarang) keberangkatan pukul  04.30 WIB

- KA 394 Jatiluhur (Cikarang- Cikampek) keberangkatan pukul 20.14 WIB

KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat)

- KA 436 Siliwangi keberangkatan pukul 05.45 WIB

- KA 438 Siliwangi keberangkatan pukul 11.45 WIB

- KA 440 Siliwangi keberangkatan pukul 17.45 WIB

"Pengoperasian kembali KA Lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang," sambung Eva.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan. 

Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat. 

Ketentuan lainnya yang harus dipenuhi oleh calon penumpang atau masyarakat yang akan naik KA Lokal adalah sebagai berikut:

- Calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam, hilang daya penciuman dan diare

- Calon penumpang wajib menggunakan masker dengan benar

- Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius

- Dilarang berbicara satu arah maupun dua arah

- Tidak diperkenankan makan minum pada perjalanan < 2 jam, kecuali yang wajib mengkonsumsi obat-obatan

"Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan instruksi petugas, tetap menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Selain itu dianjurkan menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA," tandas Eva.

Untuk informasi, jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_ (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00