Guru Besar UGM Masuk Daftar Orang Berpengaruh

KBRN, Yogyakarta: Nama Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Adi Utarini masuk daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time. 

Menanggapi pencapaian kali kedua wanita karib disapa Prof Uut ini, Prof. Uut mengaku bersyukur dan menyebutnya sebagai berkah, bukan hanya bagi dirinya, namun juga seluruh tim penelitian yang ada di World Mosquito Program Yogyakarta.

“Ini adalah apresiasi bagi peneliti-peneliti dan seluruh tim yang telah terlibat dalam penelitian, juga mitra kami yaitu Monash University, World Mosquito Program Global, dan Yayasan Tahija sebagai lembaga filantropi yang mendukung penuh penelitian ini,” katanya.

Prof. Uut memang merupakan peneliti utama WMP Yogyakarta yang memimpin tim meneliti teknologi Wobachia untuk pengendalian dengue di Yogyakarta. 

Apresiasi juga ditujukannya kepada warga masyarakat Yogyakarta serta pemerintah daerah yang mendukung penelitian ini.

“Apresiasi bagi masyarakat Yogyakarta yang telah sangat terbuka dengan inovasi, dan pemerintah daerah yang mendukung penelitian ini,” lanjutnya.

Ia pun berharap penelitian ini bisa lebih bermanfaat untuk mengurangi beban masyarakat karena dengue. Wolbachia sendiri merupakan teknologi yang ditemukan oleh Direktur WMP Global, Prof. Scott O’Neill di tahun 2008 lalu.

Menurut peneliti pendamping WMP Yogyakarta, dr. Riris Andono Ahmad, penelitian ini di Yogyakarta telah dimulai sejak 2011 lalu. Pada fase awal penelitian dilakukan untuk memastikan keamanan Wolbachia.

“Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan di area terbatas. Di tahun 2017, uji efikasi Wolbachia dilakukan di Kota Yogyakarta dengan membagi menjadi 24 wilayah, dengan 12 klaster mendapat intervensi wolbachia dan 12 lainnya sebagai area pembanding,” jelasnya.

Dari hasil uji efikasi ini, dr. Riris menyebut Wolbachia efektif menurunkan 77% kasus dengue dan 86% kasus dengue yang dirawat di rumah sakit. (ril/dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00