RRI, TVRI & Antara Berkolaborasi dalam Redaksi Nasional

KBRN, Surabaya: Tiga lembaga negara yang bergerak di bidang media yakni LPP RRI, LPP TVRI dan LKBN Antara akan bersinergi satu sama lain dalam menghadapi media mainstream dan pergerakan informasi oleh media sosial yang semakin tidak karuan. Menurut rencana, kolaborasi tiga lembaga ini akan dinamakan 'Redaksi Nasional'. 

Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Soleman Yusuf mengatakan, kerja sama ketiga instansi tersebut sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan tinggal menunggu waktu pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Ia meyakinkan, meski kerja sama ini akan memperkuat pengawalan terhadap kebijakan pemerintah, ketiganya sebagai media tidak akan kehilangan daya kritiknya terhadap pemerintah melalui cara yang benar.

“Redaksi Nasional itu membangun sinergi antara tiga lembaga negara, RRI, TVRI dan Antara. Tadi siang para Dirut ketiga lembaga, termasuk Pak Hari Sudaryanto Plt Dirut RRI diterima Mensegneg Pak Pratikno, dan dalam waktu dekat akan diterima oleh Pak Presiden. Tiga lembaga negara ini yang akan menguatkan mengawal kebijakan. Bukan berarti kita kehilangan daya kritik kita sebagai sebuah media, enggak,. KIta akan tetap melakukan kritik yang benar, yang tepat, melalui klarifikasi dan memberikan kesempatan utama pemerintah untuk menyampaikan arah kebijakan,” ucap Soleman, Kamis (16/09/21).

Adapun Redaksi Nasional yang merupakan sinergi dari RRI, TVRI dan Antara ini akan berjalan dalam waktu dekat. Soleman menambahkan, jelang Pekan Olahraga Nasional Redaksi Nasional akan melakukan soft launching untuk memfaslitasi para media yang tidak berangkat ke Papua sebelum dilakukan Grand Launching yang rencananya akan dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Nanti akan dilaunching langsung. Ada dua kali launching, 25 september akan ada soft launching kecil-kecilan memperkenalkan bagi teman-teman media yang tidak bisa berangkat ke PON Jayapura- Merauke bisa mendapatkan akses berita informasi teks audio, audio visual dari Redaksi Nasional. Jadi itu akan membantu teman-teman media lainnya. Nanti pas 28 oktober Hari Sumpah Pemuda mudah-mudahan bisa kita lakukan grand launching,” tambah Soleman.

Adapun dalam pelaksanaannya nanti, tiga lembaga tersebut akan membagi link web masing-masing di setiap portal berita. Sehingga setiap membuka satu link, lembaga dapat mengakses dua link lainnya yang akan disediakan di setiap website yang tergabung dalam Redaksi Nasional.

Sinergi tiga media ini diharapkan dapat meluruskan setiap pemberitaan yang bersifat menyalahartikan kebijakan pemerintah di tengah peredaran informasi hoaks yang terus meningkat bebas. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00