FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Masuk Sekolah, Semangat Belajar Siswa Muncul Lagi

Kegiatan belajar tatap muka di SDN 08 Sukabumi Utara (Dok. RRI/IMMANUEL CHRISTIAN)

KBRN, Jakarta: SDN 08 Sukabumi Utara di Jakarta Barat mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (30/8/2021).

Setelah sekian lama tidak ada pertemuan murid dan guru secara langsung, akhirnya kegiatan belajar tatap muka kembali dilaksanakan, sehingga memberi kesan tersendiri bagi siswa.

Salah seorang murid kelas IV dari SDN 08 Sukabumi Utara, Ratu, mengatakan, bahwa kehidupan sekolahnya yang kini kembali seperti semula walau belum utuh, ternyata membuat dirinya begitu bersemangat.

Ia mengaku tidak kaget untuk menjalankan kegiatan belajar tatap muka meski beberapa waktu belakangan harus secara daring.

"Enggak (kaget), malah senang. Soalnya bisa ketemu guru secara langsung. Kalau di rumah cuma bisa ketemu dari itu, zoom," tutur Ratu kepada RRI.co.id, Senin (30/8/2021).

Ratu mengaku semangatnya kini muncul kembali setelah menjalani kegiatan PTM lantaran pembelajaran di rumah secara daring membuatnya kesulitan untuk memahami materi.

Apalagi dirinya merasa tidak bisa bertanya leluasa selayaknya di ruang kelas.

"(Di rumah) kadang-kadang susah (belajar), soalnya enggak ngerti kalau diajarin lewat zoom," ujar Ratu.

Penanggung Jawab PTM SDN 08 Sukabumi Utara, Haslawati, mengatakan, pihaknya menjaga jumlah kapasitas siswa yang masuk sebesar 50% dengan metode ganjil genap.

Metode ganjil genap itu berdasarkan nomor urutan absen dari tiap kelas.

"Untuk pelaksanaan dengan sistem ganjil genap ya," kata Haslawati.

Selain itu, setiap hari Senin, sekolah ini menjadwalkan bagi kelas 1 dan kelas 4 yang masuk.

Kemudian bagi kelas 2 dan 5 akan masuk pada hari Rabu serta kelas 3 dan 6 dijadwalkan masuk pada hari Jumat.

Untuk hari Selasa dan Kamis akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh ruang kelas dan sekitar lingkungan sekolah.

"Itu pun masuknya 50 persen. (Maksudnya) 50 persen PTM, 50 persen daring," tandas Haslawati.

Sebelumnya, berdasarkan surat keputusan Nomor 883 Tahun 2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap I pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, dituliskan ada 587 sekolah di DKI yang bisa menggelar sekolah tatap muka mulai 30 Agustus 2021. 

Ini berlaku untuk sekolah PAUD hingga SMA/SMK yang berada di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00