[Cek Fakta] BNPB Buka Donasi Kaos Oblong

[Cek Fakta] BNPB Buka Donasi Kaos Oblong (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah foto yang berisikan infomasi tentang tenaga medis RSD Wisma Atlet yang membutuhkan donasi kaos oblong bekas. 

Informasi tersebut diunggah melalui akun Facebook bernama Didit Widiyatmaja tersebut juga dicantumkan email BNPB serta nomor telepon yang menandakan donasi tersebut dibuat oleh BNPB.

Setelah ditelusuri pada akun website resmi BNPB ditemukan sebuah artikel berjudul “Hoaks: Donasi Kaos Oblong Bekas untuk Petugas Medis dan Relawan Satgas Covid-19”. Dalam artikel tersebut BNPB memastikan bahwa infomasi yang beredar tentang donasi kaos oblong bagi petugas medis dan relawan satgas Covid 19 adalah hoaks lama yang kembali beredar.

BNPB juga mengimbau kepada masyarakat bijak dalam menyikapi atau pun menyebarluaskan berita.

“Sehubungan dengan hal tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi atau pun menyebarluaskan berita yang dapat memicu kepanikan atau pun ketidaknyamanan masyarakat. Pastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi whatsapp.” mengutip dari bnpb.go.id.

Pada trunbackhoax.id juga ditemukan artikel periksa fakta dengan judul “[SALAH] Donasi Kaos Oblong Bekas Untuk Tim Medis RSD Wisma Atlet” pada bulan April 2020 dimana hoaks tersebut juga mencatut BNPB.

Kesimpulan

Dengan demikian infomasi BNPB membuka donasi kaos oblong untuk tenaga medis dan relawan Satgas Covid 19 merupakan hoaks lama atau tidak benar. 

Faktanya, informasi tersebut adalah informasi yang kembali beredar hal tersebut sudah dijelaskan oleh BNPB melalui website resminya sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CRqU3SOjgTj/?utm_medium=copy_link

https://www.bnpb.go.id/berita/hoaks-donasi-kaos-oblong-bekas-untuk-petugas-medis-dan-relawan-satgas-covid19

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00