FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Virus Serang Tanaman Pisang, Bagini Cara Mengatasinya

KBRN, Sumenep: Banyaknya pohon pisang di Desa Pekandangan Sangra, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, yang layu mengering, dan mati  ternyata disebabkan virus, atau bakteri tanaman yang menyerang akar dfidalam tanah. Sehingga pohon pisang petani tidak bisa diselamatkan.

Penyuluh pertanian Kecamatan Bluto, Dewo Ringgih menuturkan, jika serangan virus tanaman itu di Kabupaten Sumenep memang umum terjadi. Untuk itu para petani diminta secepatnya melakukan pencegahan. Caranya dengan menyemprotkan pestisida sistemik.

“Jika akar yang diserang, daun pohon pisang secara perlahan akan menguning, layu, mengering dan mati. Cara paling epektif memang dengan penyemprotan pestisida. Karena akar berada didalam tanah," katanya Senin, (02/08/2021).

Dia beraharap agar para petani bisa lebih vokus merawat kebun pisang mereka, dengan memperhatikan pemupukan, kerindangan, termasuk jangan membiarkan anakan pisang tumbuh liar tanpa dikendalikan. Karena jika itu dibiarkan maka virus akan mudah hinggap.

“Semisal jarak dari satu pohon pisang kepohon lainnya tidak kurang dari 3 meter, kemudian anakan pisangnya jika sudah merumpun harus dipisah, sehingga buahnya bagus,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00