Bersin Jadi Gejala Umum Covid-19 Usai Divaksin

Foto: Istimewa

KBRN, Jakarta: Studi dari National Health Service (NHS) Inggris menyebut tiga gejala utama Covid-19 yakni batuk, tingginya suhu tubuh, dan kehilangan kemampuan indra perasa atau penciuman.

Saat ini para ahli juga mengingatkan setelah vaksinasi gejala yang diderita setiap orang bisa berbeda-beda. Vaksin Covid-19 sendiri bertujuan untuk membantu melindungi orang dari penyakit parah ketika menderita covid-19.

Dilansir laman The Sun, Sabtu (31/7/2021), para ahli di Aplikasi Pelacak Gejala ZOE menemukan ada sekitar empat gejala utama yang dialami orang-orang yang telah divaksinasi.

Bersin adalah salah satu gejala utama Covid-19 yang dilaporkan orang Inggris yang telah divaksinasi. Padahal, bersin bukan menjadi gejala umum dari infeksi SARS-CoV-2.

Tim ZOE yang dipimpin Prof Tim Spector itu mengatakan, bersin terjadi karena kemungkinan besar disebabkan oleh flu biasa atau alergi. 

Para ahli juga mengatakan, kebanyakan orang yang disuntik vaksin Covid-19 memiliki gejala ringan. Data mereka menunjukkan orang yang telah divaksinasi melaporkan bersin sebagai gejala.

"Ini menunjukkan bahwa bersin-bersin tanpa penjelasan setelah Anda divaksinasi bisa menjadi tanda Covid 19," jelasnya.

Menurut pakar ZOE, jika sering bersin, Anda harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyebaran virus.

"Bersin adalah cara utama penyebaran virus. Cobalah untuk menutupi semua batuk dan bersin dengan tisu atau siku bagian dalam untuk meminimalkan penyebaran percikan liur," pungkas mereka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00