PPKM Level 4, Ini Syarat Penerbangan Domestik 

Ilustrasi Penerbangan (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Sehubungan dengan diperpanjangnya kebijakan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang, PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menetapkan sejumlah persyaratan untuk penerbangan domestik. 

Kebijakan tersebut bertujuan untuk menekan laju penularan Covid-19 dalam moda transportasi udara. Bahkan telah tertera dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 53 Tahun 2021 yang merupakan penyempurnaan dari SE 45 Tahun 2021 terkait aturan perjalanan di masa PPKM.

Lalu apa saja aturan untuk persyaratan penerbangan domestik di masa PPKM Level 4 saat ini, berikut rangkumannya. 

1. Persyaratan bagi calon penumpang penerbangan antar bandara di Pulau Jawa-Bali, maupun penerbangan dari atau ke bandara Jawa-Bali maka calon penumpang diwajibkan memiliki sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

2. Penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Bagi calon penumpang pesawat udara dengan rute di luar wilayah Jawa-Bali, persyaratan yang berlaku yakni harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam, atau dari rapid tes antigen yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

4. Ada pengecualian terkait kewajiban menunjukkan kartu vaksin bagi calon penumpang dengan kondisi tertentu, yakni terdiri dari penumpang berkepentingan khusus media yang tidak atau belum vaksin dengan alasan medis. 

5. Pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga, kepentingan persalinan dengan pendamping maksimal dua orang, serta pengantar jenazah non-Covid-19 dengan maksimal lima orang. (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00