PPKM Level 3, Resepsi Pernikahan Diperbolehkan

Foto: Ilustrasi Resepsi Pernikahan (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Resepsi yang tadinya dilarang, kini diperbolehkan dengan maksimal 20 orang undangan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ada 33 Kabupaten Kota di Jawa-Bali yang akan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.  

“Untuk PPKM level 3 akan diterapkan di 33 kabupaten kota di Jawa Bali,” ungkap Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (25/7/2021).

Berikut ketentuan lengkap kegiatan masyarakat yang diizinkan pada PPKM level 3:

Untuk industri berorientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi dengan pengaturan shift. Dimana setiap shift dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal stafnya 50 persen di fasilitas produksi dan pabrik sehingga jika beroperasi dengan 2 shift dalam 1 hari maka dapat mengoperasikan dengan kapasitas maksimal 100 persen staf di fasilitas produksi dan pabrik.

“Tentunya penerapan ketentuan ini harus dengan menerapkan protokol kesehatan pengaturan masuk dan pulang serta makan karyawan yang tidak bersamaan,” kata Luhut.

Selanjutnya, pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasional sampai pukul 17.00 waktu setempat.

Luhut mengatakan pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen outlet voucher, barbershop pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan lain-lain yang sejenis dijinkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dan pengaturan teknisnya dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Dan teknis sudah kami breaf pada Pemda untuk mereka mengatur dan melakukan penyesuaian sendiri daerahnya dengan protokol kesehatan yang ketat juga,” tuturnya.

Luhut juga mengatakan telah diatur masalah warung makan warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung 25 persen dari kapasitas dan waktu makan maksimal 30 menit dan pengaturan tenis berikutnya diatur oleh pemerintah daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00