[Cek Fakta] Sejumlah Minuman Herbal Pencegah Covid-19

[Cek Fakta] Sejumlah Minuman Herbal Pencegah Covid-19 (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar di media sosial sebuah pernyataan berisikan sejumlah minuman herbal dapat untuk mencegah Covid-19.

Pernyataan tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram bernama catatan.sidokter yang menyebutkan jika minuman-minuman herbal tersebut adalah jus jeruk, kunyit asam, teh hijau, air kelapa muda dan wedang jahe. Bahkan minuman-minuman tersebut juga diklaim dapat meningkatkan imun yang dapat mencegah penularan Covid-19, berikut narasinya: 

“Minuman penambah imun berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri, jamur, dan virus termasuk virus corona.

Minuman penambah daya tahan tubuh ini terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan dan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat.

Dengan mengonsumsi minuman penambah imunitas secara rutin, maka tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit COVID-19.”

Berdasarkan penelusuran melalui situs resmi WHO, menyatakan bahwa pernyataan tersebut tidak benar atau salah. 

Karena hingga saat ini belum ada suplemen dan teh herbal yang membuktikan dapat digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan dari Covid-19. 

WHO juga mengatakan bahwa cara untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, menjaga jarak minimal satu meter, berdiam diri di rumah jika merasa sakit, menggunakan masker, menghindari untuk menyentuh wajah, serta membatasi konsumsi rokok atau kegiatan apapun yang dapat membuat fungsi paru-paru menurun.

Kesimpulan

Pernyataan yang diunggah oleh akun Instagram catatan.sidokter tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Faktanya WHO telah menyatakan belum ada minuman herbal apapun yang dapat mencegah covid-19.

Referensi

https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_2https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-food-safety-and-nutrition

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00