WZF Dukung World Zakat Performance Index Jadi Panduan

KBRN, Jakarta: World Zakat Forum (WZF) atau Forum Zakat Dunia bersama BAZNAS RI menggelar Expose World Zakat Performance Index (WZPI) yang diselenggarakan via daring dan disiarkan melalui kanal youtube BAZNAS TV dalam keterangannya, Rabu (23/6/2021).

Dr. Zainulbahar Noor selaku Sekretaris Jenderal WZF mengatakan lembaga-lembaga zakat di bawah WZF untuk dapat menerima secara terbuka panduan ini agar pengelolaan zakat di negara masing-masing dapat dilakukan dengan baik.

“Saya sangat mengharapkan lembaga-lembaga zakat di bawah WZF untuk dapat menerima secara terbuka panduan ini agar pengelolaan zakat di negara masing-masing dapat dilakukan dengan baik dan kami berharap WZPI dapat mendorong terbentuknya standarisasi model evaluasi kinerja lembaga zakat di seluruh dunia," kata Zainulbahar.

Turut mengundang dalam kegiatan ini para praktisi lembaga zakat dari seluruh negara-negara anggota WZF dan juga dari kalangan akademisi dari berbagai universitas di dunia. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan public awareness terhadap buku WZPI dan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai negara. 

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan expose ini Sekretaris Jenderal WZF Dr. Zainulbahar Noor, Wakil Sekretaris Jenderal Regional Eropa Dr. Elnur Salihovic, Regional Afrika Barat Muhammad Lawal Maidoki  dan Regional Asia Selatan Dr. Ayub Miah untuk memberikan sambutan pada kegiatan expose. Pada kegiatan ini pimpinan WZF mendukung keberadaan buku ini untuk dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan zakat global.

Dr. Irfan Syauqi Beik selaku Sekretaris Eksekutif WZF turut hadir juga sebagai pembicara inti dalam kegiatan expose ini. Dr. Irfan menyampaikan secara terperinci mengenai indikator-indikator dan juga skala penilaian pada WZPI kepada para peserta kegiatan expose. 

Pada akhir sesi Dr. Irfan menyampaikan tentang pentingnya pengukuran kinerja lembaga zakat menggunakan WZPI. 

“WZPI akan diterapkan secara bertahap di negara-negara anggota WZF untuk melihat sejauh mana WZPI dapat diterapkan," jelasnya.

Lebih lanjut Irfan mengatakan dirinya optimis bahwa indikator-indikator yang ada pada WZPI dapat diterapkan diberbagai kondisi dan dituasi, dan WZPI merupakan living document yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan zakat dimasa yang akan datang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00