Badan POM-Kementerian KUKM-RRI Teken Kesepakatan

KBRN, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) RI menandatangani kesepakatan (MoU) dengan Kementerian Koperasi dan UMKM serta LPP RRI dalam peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021,  Selasa (22/6/2021).  

MoU ini ditandatangani Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  dan Direktur Utama RRI M. Rohanudin.   

Tujuan MoU Badan POM dan Kementerian Koperasi dan UMKM itu adalah untuk meningkatkan komitmen dan koordinasi dalam memfasilitasi penyelenggaraan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di bidang obat tradisional, kosmetik dan pangan olahan serta memfasilitasi akses teknologi permodalan hasil usaha produk UMKM.

Selain itu, Mou ini bertujuan untuk pendampingan cara produksi pangan  olahan yang baik, memfasilitasi pengujian laboratorium dan lainnya. 

Sedangkan MoU antara Badan POM dengan LPP RRI adalah meningkatkan kerja sama dalam meningkatkan efektivitas komunikasi informasi dan edukasi. 

Menteri Teten mengapresiasi kesepakatan dengan Badan POM tersebut. 

"Kementerian Koperasi dan UMKM mengapresiasi terselenggaranya launching dukungan Badan POM untuk UMKM khususnya UMKM pangan menuju world food safety day and spice up the world," kata Teten. 

Diketahui, tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021 adalah  Safe food now for a healthy tomorrow adalah kampanye yang digaungkan pada Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun ini untuk menekankan bahwa produksi dan konsumsi makanan yang aman memiliki manfaat langsung dan jangka panjang bagi manusia, planet, dan ekonomi.

"Tema ini keren sekali, saya kira ini menjadi inspirasi untuk terus mengkampanyekan keamanan, mutu dan gizi pangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM agar dapat menerapkan produksi sesuai ketentuan," ungkapnya. (foto: Baadan POM RI)

Badan POM Dukung Bumbu Indonesia Goes International

KBRN, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) RI memberi dukungan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengglobalkan produk rempah dan bumbu bumbu Indonesia di kancah dunia pada program “Spice Up The World”.

Dukungan itu disampaikan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dalam peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021,  Selasa (22/6/2021). 

"Dukungan Badan POM untuk UMKM pangan dna program pemerintah yang sedang berproses yaitu Indonesia “Spice Up The World” mendukung bagaimana kuliner Indonesia bisa goes internatinonal yang didukung tentunya dengan dukungan bumbu  yang merupakan produk dari UMKN," kata  Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito. 

Badan POM, lanjutnya, juga melaunching dukungan Badan POM untuk UMKM yang dikaitkan dengan spice up the world yang merupakan program yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi. 

"Dukungannya diharapkan dari restoran-restoran, kuliner Indonesia pada intinya semakin dikenal secara internasional yang mencakup karena kuliner mengandung bumbu-bumbu dan rempah yang sumbernya ada di Indonesia untuk juga masuk ke pasar mancanegara dan target-target ekspor yang non-tradisional seperti Afrika dan negara-negara Eropa merupakan target yang terbuka," terangnya. 

Dalam peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021 dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Direktur Utama RRI M. Rohanudin. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00