Madinier: Megawati Tingkatkan Hubungan Baik Indonesia-Prancis

Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, saat menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Soka, Jepang, pada 8 Januari 2020.(Dok. Humas PDIP).jpeg

KBRN, Jakarta: Peneliti senior sejarah Indonesia modern yang berbasis di Lyon, Prancis, Remy Madinier menilai Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri telah meningkatkan hubungan baik antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Prancis.

Oleh karena itulah, Remy mengaku dirinya termasuk salah satu orang yang merekomendasikan pemberian gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI kepada Megawati.

"Beliau juga banyak memberikan ide-ide akademis untuk meningkatkan hubungan baik antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Prancis dari berbagai aspek, termasuk pertahanan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/6/2021).

Menurut Remy, yang sudah menulis beberapa buku terkait Asia dan Indonesia itu, Megawati adalah sosok pemimpin berkharisma unik.

Ia mengatakan, kompetensi Megawati juga tinggi sehingga mampu membawa Indonesia keluar dari krisis yang kompleks saat memimpin negeri.

"Indonesia mengalami krisis kompleks dan multidimensi di tahun-tahun pascareformasi. Beliau membangun kepercayaan internasional kepada pemerintah Indonesia," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00