Diperjualbelikan Majikan Arab Saudi, BP2MI Pulangkan PMI

KBRN, Tangerang: Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sukses memulangkan Arini Binti Ayas dari Arab Saudi ke Indonesia, Selasa (18/5/2021).

Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cirebon, Jawa Barat itu, selama sepuluh tahun bekerja diperjualbelikan dan dikecehkan secara seksual oleh majikannya.

“Iya, saya sudah tidak tahan kerap dilecehkan seksual oleh majikan dan selama 10 tahun diperjualbelikan oleh majikan,” ungkap Arini Binti Ayas kepada rri.co.id di Termina 3 Kedatangan Internaaional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Oleh sebab itu, sambung wanita berambut ikal panjang itu, dirinya melapor ke BP2MI.

“Alhamdulillah, saya sudah bisa pulang ke Indonesia. Terimakasih Pak Benny (Kepala BP2MI, red),” ucapnya.

Plt Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Firdaus Zazali menjelaskan, setelah mengetahui ada PMI yang melapor, maka pihaknya langsung berkoordinasi dengan KBRI untuk memfasilitasi kepulangan Arin Bin Ayas ke Indonesia.

“Kami hari ini melakukan penjemputan di bandara ini, dan saya mewakili Pak Benny selaku pimpinan yang berhalangan hadir,” tuturnya.

Firdaus menuturkan, Arini Binti Ayas berangkat bekerja ke Arab Saudi pada 2010 silam menggunakan agen resmi yang terdaftar dipemerintah.

“Selama 10 tahun bekerja sebagai asisten rumah tangga telah berkali-kali ganti majikan karena diperjualbelikan dan dilecehkan seksual oleh sang majikan,” urainya.

Kasusnyapun, lanjut Zazali, sampai ke meja hijau dan telah inkrah. Saat ini, Arin Bin Ayas telah tiba di Indonesia serta segera berkumpul dengan sanak keluarganya di Cirebon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00