Dilaksanakan Hari Ini, Apa itu Vaksin Sinophram

Foto: Ilustrasi Vaksin (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Vaksinasi Gotong Royong yang dilaksanakan hari ini Selasa (18/5/2021) diketahui menggunakan vaksin Covid-19 asal China yaitu vaksin Sinopharm.

Dilansir melalui Alodokte.com, Vaksin Sinopharm merupakan vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19 yang berisikan virus Corona yang dimatikan (inactivated virus). Vaksin ini juga bekerja dengan cara memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Vaksin Sinopharm mulai dikembangkan pada awal tahun 2020 oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) yang merupakan perusahaan farmasi milik pemerintah China. Vaksin COVID-19 buatan Sinopharm ini diberi nama BBIBP-Corv.

Sementara dari hasil uji klinis tahap ketiga yang dijalankan oleh Sinopharm di China, vaksin BBIBP-Corv dikatakan memiliki nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap COVID-19, sebesar 79.34%. 

Jumlah ini sudah melampaui standar efikasi minimal yang ditetapkan oleh WHO, yaitu sebesar 50%. Bahkan, pengujian vaksin Sinopharm telah dilakukan di sejumlah negara selain China, antara lain Uni Emirat Arab, Maroko, Mesir, Bahrain, Jordan, Pakistan, dan Argentina. 

Sejauh ini, vaksin Sinopharm telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari otoritas kesehatan di China.

Vaksin ini masuk dalam golongan obat resep, dengang kategori Vaksin Covid-19. Biasanya vaksin ini digunakan oleh orang dewasa usia 18 ke atas hingga ≤60 tahun.

Sementara belum ada data yang memadai terkait efektivitas dan keamanan vaksin Sinopharm pada ibu hamil dan ibu menyusui. Vaksin ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00