[Cek Fakta] Warga Mudik Lewat Sungai

Unggahan video asli/ Foto: YouTube

KBRN, Jakarta: Pengguna Facebook dengan nama pengguna Idha Kutus Kutus mengunggah ulang sebuah video dari akun TikTok dengan nama pengguna mhenthul yang menunjukkan sebuah perahu yang penuh dengan warga tengah melintasi sebuah sungai. 

Dilansir dari turnbackhoax, Senin (10/5/2021) disebutkan jika unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan video warga yang mudik lewat sungai karena jalur darat dijaga dengan ketat.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video perjalanan melintasi Sungai Ambawang, Kalimantan Barat, bukan video warga yang mudik lewat sungai. 

Video yang terdapat dalam unggahan tersebut merupakan potongan pada detik 0:20-0:50. Versi lengkap dari video tersebut pertama kali diunggah di kanal YouTube Tebegaya Tampan dengan judul video “Journey To Sungai Ambawang 6” pada 27 November 2013 yang lalu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Idha Kutus Kutus tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

NARASI:

“Lewat sungai aj mudik kda mungkin penjagaan berenang”

NARASI DALAM VIDEO:

“Mudik bareng yu

kada kawa lewat darat lewat sungai aja mudik”

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00