[Cek Fakta] Jokowi Pulang Kampung

Video Jokowi Pulang Kampung (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video di media sosial terkait presiden Jokowi yang diduga pulang kampung dengan menggunakan iring-iringan penjagaan. 

Video tersebut beredar pertama kali oleh akun facebook Joko Kovid pada 8 Mei 2021. Bahkan, dalam video tersebut si perekam mengatakan kendaraan plat B  RI 1 pulang kampung, padahal sedang dalam larangan mudik. 

Bahkan dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut:

"*_Rakyat nya dlarang pulang kampung... diri nya pulang kampung . rezim yg selalu memberi contoh yg tdk baik_*????????"

Berdasarkan hasil penelusuran terkait video Jokowi pulang kampung ditengah larangan mudik itu merupakan berita yang salah . 

Kenyataannya video tersebut ternyata merupakan video saat Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Surabaya. Hal itu diketahui dari plat nomor kendaraan bertanda L dalam video tersebut dan plat L mencakup wilayah Kota Surabaya. 

Diketahui dari berbagai sumber, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, pada Kamis, (6/5/2021) kemarin. Presiden diagendakan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan.

Jokowi akan meninjau sarana dan prasarana fasilitas perikanan tersebut serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat. Di Lamongan, Jokowi juga direncanakan untuk meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang menjalankan ekspor hasil olahan ke mancanegara.

Dari Lamongan, Jokowi  bergerak menuju Kota Surabaya untuk mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya. Presiden diagendakan bertolak kembali menuju Jakarta pada Kamis sore harinya.

Kesimpulan

Klaim Presiden Joko Widodo pulang kampung adalah salah. 

Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya pada 6 Mei lalu. Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). 

Referensi:

https://perma.cc/P4RK-F2KH

https://www.medcom.id/nasional/daerah/4KZzG2gK-gibran-bapak-tidak-mudik-tahun-ini

https://surabaya.liputan6.com/read/4551382/kunjungan-ke-jatim-ini-agenda-jokowi

https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K55Z3nK-cek-fakta-video-iring-iringan-jokowi-pulang-kampung-ini-faktanya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00