Doni Monardo: Tahan Diri, Jangan Mudik

KBRN, Jakarta: Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Masyarakat dimintanya menahan diri untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. 

"Seluruh pihak baik di pusat, di daerah, sampai dengan di tingkat desa, dan kelurahan mari bekerja keras untuk mengingatkan masyarakat kita jangan mudik, jangan mudik, jangan mudik. Mari bersabar menahan diri karena kalau ini kita biarkan maka sangat pasti terjadi penularan oleh mereka yang datang dari luar di kampung halaman," kata Doni dalam acara FMB9, Rabu (5/5/2021). 

Ia mengungkapkan, jika masyarakat nekat melakukan mudik, maka mereka berpotensi menyebarkan Covid-19. Akibat yang fatal pun mungkin saja terjadi. 

"Setiap daerah belum tentu memiliki rumah sakit yang memadai, belum tentu ada dokter yang merawat. Akibatnya mereka yang terpapar Covid-19 bisa menjadi fatal, bisa mengakibatkan kematian dan banyak daerah yang mengalami peristiwa seperti itu pada tahun yang lalu," ungkapnya. 

Lebih lanjut Doni menekankan, keputusan pemerintah dalam pelarangan mudik adalah keputusan yang sangat tepat. Sebab, pada setelah libur panjang, kenaikan kasus Covid-19 akan ikut meningkat. 

"Keputusan pemerintah untuk larangan mudik ini bukan hanya tepat tetapi sangat tepat, sangat tepat, sangat tepat. Berkaca kepada perjalanan kita sudah setahun lebih menghadapi covid, setiap libur panjang pasti akan diikuti dengan kenaikan kasus aktif dan juga akan diikuti dengan bertambahnya angka kematian mulai dari lebaran idul Fitri tahun lalu, liburan Agustus, kemudian sampai dengan natal dan tahun baru," ujarnya. 

Seperti diketahui, pemerintah telah memberlakukan pelarangan mudik pada periode 6 hingga 17 Mei 2021 untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. (Buy) 

Foto: Istimewa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00