Raden Topo, Aktor Semarang di Film Doctor Strange

Karakter Master Hamir (tengah) yang diperankan R Topo Wresniwiro. (Foto: Istimewa/Marvel)

KBRN, Semarang: Doctor Strange in The Multiverse of Madness, film produksi Marvel Cinematic Universe (MCU), belakangan menjadi perbincangan hangat karena diminati penggemar di tanah air. Ini adalah film lanjutan dari lini pahlawan super produksi MCU, Doctor Strange (2016).

Ternyata, di balik kesuksesan film ini ada sosok aktor asal Semarang. Ia adalah Raden Topo Wresniwiro.

Lalu siapa sebenarnya Raden Topo?  

Raden Topo lahir di Semarang, Jawa Tengah. Ia sempat berpindah-pindah kota di Indonesia. Antara lain Jakarta, Kudus, dan Yogyakarta, hingga akhirnya memutuskan menetap di London, Inggris.

Namanya langsung mencuri perhatian pecinta film, karena sangat khas Indonesia, khususnya Jawa.

Kemunculan Raden Topo baru disadari pada film Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Padahal, sejak film pertama, Doctor Strange yang dirilis 2016, ia sudah tampil memerankan karakter Master Hamir, penyihir bertangan satu yang sekaligus asisten pimpinan kuil yang dijuluki Ancient One. 

Raden Topo dikenal sebagai seorang akademisi bidang olahraga dan spiritual. Ia menekuni bidang itu selama 19 tahun, sebelum terjun ke dunia akting.

Dengan berbagai keahlian di atas, pada 2019 ia mendirikan Topo Tutorials yang memberikan layanan pengajaran privat di berbagai bidang seperti matematika, sains, dan olaharaga. Selain itu, ia juga mahir dalam beberapa bidang olahraga seperti karate, berenang, serta untuk kebutuhan meditasi seperti yoga.

Uniknya, peran yang dijalani Topo ternyata hanya berstatus sebegai pekerja lepas. Namun, sebagai aktor lepas yang terlibat dalam berbagai produksi film Hollywood bergenre laga serta termasuk film garapan Disney, ini catatan luar biasa. Sebagaimana diketahui, Topo pernah terlibat berbagai film. Di antaranya 47 Ronin (2013) sebagai penasihat spiritual, kemudian di Star Wars: The Force Awakens (2015) ia berperan sebagai Ubert Quaril, dan di film Maleficent: Mistress of Evil (2019) ia memerankan salah satu Tundra Spiritual Fey atau kaum peri yang juga diperankan oleh aktris Angelina Jolie.

Terbaru di film Doctor Strange, Topo kembali memerankan Master Hamir. Master Hamir adalah salah satu karakter pendukung Dr Stephen Strange (diperankan Benedict Cumberbatch), dalam menghadapi ‘kegilaan’ multiverse, atau alam semesta majemuk.

Dalam versi komik, karakter Master Hamir sendiri diceritakan sebagai ayah dari Benedict Wong, yang juga merupakan orang kepercayaan Doctor Strange.

Master Hamir dalam cerita film ini bekerja sama dengan Doctor Strange dan Wong, untuk melindungi salah satu karakter pahlawan super lainnya, America Chavez, dari konflik tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar