Sambut HUT RI, Deretan Lagu Maknai Peringatan Kemerdekaan

Ilustrasi Bendera Merah Putih (Foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Peringatan 17 Agustus setiap tahunnya, tentu tidak lepas dari yang namanya lagu kemerdekaan. Bahkan, sebuah lagu terkadang bisa menjadi simbol suatu negara atau daerah.

Maka sebaiknya lagu yang diputar sebagai pemeriah perlombaan adalah lagu-lagu yang diciptakan dan dilantunkan untuk membangun semangat masyarakat yang mengikuti lomba. Selain berisikan lirik yang menggambarkan bangsa Indonesia, lagu-lagu ini berisi kegembkiraan untuk berbangsa Indonesia.

Berikut daftar judul lagu bertemakan kebangsaan Indonesia yang bisa diputar selama pelaksanaan lomba agustusan, diantaranya.

1. Indonesia Raya

Pada tanggal 28 Oktober 1928, lagu ini diperkenalkan oleh W.R Soepratman sebagai lagu kebangsaan resmi Indonesia dan wajib dimainkan pada saat upacara atau acara penting.

Lagu ini juga menjadi bukti perjuangan bangsa kita saat itu belum padam dan dimainkan setelah Soekarno membacakan teks proklamasi sebagai tanda kemenangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

2. Hari Merdeka

Semua orang tahu lagu ini, apalagi jika selalu dimainkan sebelum tanggal 17 Agustus. Bahkan lagu ini digunakan sebagai lomba untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Lagu Hari Merdeka diciptakan oleh Husain Mutahar. “Sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih dikandung badan.” Salah satu potongan lirik lagu yang paling terkenal.

3. Berkibarlah Benderaku

Lagu Berkibarlah Benderaku dimaknai sebagai hadiah atas perjuangan seluruh pahlawan Indonesia yang telah mengakhiri penjajahan di muka bumi

Sebagai lambang suci dan gagah sesuai dengan warnanya yaitu merah dan putih. Lagu ini diciptakan oleh Gombloh.

4. Kebyar-kebyar-Gombloh

Lagu ini digubah oleh musisi Gombloh, dan dirilis pada tahun 1979. Lagu kebyar-kebyar bahkan masuk ke dalam lagu Indonesia terbaik sepanjang masa menurut majalah Rolling Stone.

Lagu ini memiliki makna yang sangat kuat di setiap liriknya. Seputar cinta tanah air hingga semangat nasionalisme untuk Indonesia.

5. Bendera - Cokelat

Bendera" merupakan lagu bertemakan nasionalis yang dirilis Cokelat setelah album Rasa Baru. Lagi ini diciptakan oleh Eross Candra yang merupakan personil dari Sheila on 7 untuk soundtrack film Bendera.

6. Dari Mata Sang Garuda - Pee Wee Gaskins

Lagu berjudul Dari Mata Sang Garuda yang dipopulerkan oleh Pee Wee Gaskins memang mampu menambah semangat kita. Dengan musiknya yang energik dan liriknya yang sarat akan makna tentang kecintaan terhadap Indonesia membuat lagu ini cukup dikenang sepanjang masa.

7. Garuda di Dadaku - Netral

Dapat disimpulkan bahwa lirik lagu Garuda di Dadaku mempunyai makna yang dalam karena dapat mempengaruhi pendengar, mengajak putra bangsa berjuang berprestasi. Sealin itu, lagi ini juga dapat menggugah semangat nasionalisme, menjunjung tinggi sportifitas serta menumbuhkan keyakinan yang kuat untuk menang.

8. Ayo! Indonesia Bisa - Ello ft Sherina Munaf

Lagu ini merupakan lagu soundtrack atau theme song untuk sea games untuk memabngun semangat para atlet pertandingan. Hingga sampai saat ini lagu Ayo Indonesia ini menjadi salah satu lagu yang sering di putar di berbagai acara yang bertema Nasionalisme.

Seperti halnya acara 17 Agustusan dan lainnya. 

9. Merah Putih - Saykoji

Lagu merah putih ini banyak menimbulkan rasa kebanggaan di tengah isu mempertanyakan nasionalisme para pemimpin dan rakyat negeri ini. Maka dari itu, kecintaan terhadap bangsa dituangkan dalam lirik lagu Merah Putih oleh Saykoji ini.

10. Rumah Kita - God Bless

Lagu Rumah Kita diciptakan oleh Ian Antono, gitaris God Bless. Ia antono mengatakan, lagu Rumah Kita menggambarkan perjalanannya di dunia musik Indonesia. Ian teringat bagaimana ia meninggalkan kota kelahirannya di Malang, untuk merantau ke Jakarta yang saat itu tidak memiliki kepastian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar