Paduan Suara Indonesia Juara di Kompetisi Prancis

Batavia Madrigal Singers (BMS) menjuarai 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 yang berlangsung di Grand Theatre kota Tours, Perancis, Sabtu (18/6/2022) (Foto: Batavia Madrigal Singers)

KBRN, Jakarta: Kelompok paduan suara asal Indonesia, Batavia Madrigal Singers (BMS), berhasil meraih juara di kompetisi dunia bertajuk 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022, yang diselenggarakan di Grand Theatre kota Tours, Prancis.

"Kami sangat bangga dan tentunya bahagia sekali, walaupun pertandingan ini sempat ditunda 2 tahun karena adanya pandemi Covid-19," kata Pendiri sekaligus direktur BMS Avip Priatna, Selasa (21/6/2022). 

European Grand Prix for Choral Singing merupakan kompetisi paduan suara tertua di dunia yang mempertandingkan para pemenang juara umum dari enam kompetisi paling bergengsi di Eropa. 

BMS terpilih untuk tampil pada ajang paduan suara internasional yang prestisius tersebut, lantaran di tahun 2019 grup paduan suara ini berhasil menjadi juara umum dalam kompetisi Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) di Spanyol.

Pada kompetisi yang sama, BMS juga berhasil meraih dua gelar Juara I, yaitu dalam kategori Polyphony, kategori Basque and Popular Music, serta memperoleh penghargaan Audience Choice Award (Favorit Penonton).

BMS merupakan bagian dari The Resonanz Music. Di tahun 2018, kelompok paduan suara anak The Resonanz Children Choir (TRCC) yang juga merupakan bagian dari The Resonanz Music berhasil menjuarai EGP yang berlangsung di kota Maribor, Slovenia. Saat itu, Aviv juga mengkonduktori penampilan dari TRCC.

“Setelah pertandingan ini, BMS tetap akan selalu memberikan performa-performa terbaiknya, bukan saja di setiap pertunjukan, tetapi juga membawa nama harum Indonesia di setiap kompetisi ternama Internasional yang kami ikuti,” imbuhnya.

Selain menjadi juara di kejuaraan BMS kali ini, BMS juga telah sering membawa nama harum Indonesia di mancanegara. Seperti tahun 2014, BMS berhasil meraih 3 gelar di Florilège Vocal de Tours, Prancis.

Pada tahun 2015 BMS meraih Juara III dan merupakan salah satu dari sepuluh paduan suara terbaik yang lolos seleksi untuk berpartisipasi di Marktoberdorf, Jerman, kategori Mixed Choir. 

Tahun 2016 meraih 3 gelar pada 48th Tolosa Choral Contest di Spanyol; tahun 2018 meraih Juara I pada kompetisi “50th Tolosa Choral Contest”; tahun 2019 kembali meraih 3 gelar pada Florilege Vocal de Tours di kota Tours, Perancis; dan di tahun yang sama juga meraih 2 gelar dan juara umum pada 51st Tolosa Choral Contest yang mengantarkan BMS dapat berkompetisi di ajang 31st European Grand Prix for Choral Singing 2022 ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar