Daftar Pemenang Lomba Virtual Kolintang Bershalawat RRI

Pemenang Lomba Virtual Kolintang Bershalawat di RRI (foto:RRI)

KBRN, Jakarta: Lomba Virtual Bershalawat menggunakan musik kolintang yang diselenggarakan  Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia dan Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta, Sabtu (25/9/2021) berlangsung meriah.

Dari 20 group yang mengikuti lomba tersebut, nantinya akan ada 5 nama group yang akan menjadi juara.

Masing-masing group telah menampilkan pertunjukan terbaik. 

Penilaian juara dilakukan oleh ketiga dewan juri diantaranya, Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia PBNU Dr Ngatawi Al-Zastrouw, musikus Franki Raden dan Musisi Ricky Pangkerego.  

Dalam perlombaan ini para peserta memperebutkan hadiah senilai Rp75 juta rupiah dan juga akan mendapatkan E-sertifikat bagi semua peserta lomba. 

"Kami dewan juri memutuskan dan menetapkan pemenang lomba virtual kolintang bershalawat 2021," kata Franki Raden di RRI, Sabtu (25/9/2021).

Adapun daftar nama pemenang dan juga hadia untuk Lomba Virtual Kolintang Bershalawat, diantaranya:

Juara I diraih oleh finalisdengan nama group Jalanada Koarmada 2 dengan judul lagu Sholawat Tibil Qulub dengan perolehan nilai sebesar 224,3.

Nantinya group tersebut akan mendapatkan hadiah paling besar yakni Rp25 juta dan juga sebuah piala tetap dan piala bergilir. 

Juara II diraih oleh finalis dengan nama group Canthas Kolintang Jakarta dengan judul lagu Muhammad Nabina dengan perolehan nilai sebesar 224,1, daan pemenang akan mendapat hadiah uang sebesar Rp20 juta. 

Juara III diraih oleh Jalasenastri PG Kormar Jakarta dengan judul lagu Shalwat Tibil Qulub.

Group tersebut berhasil mendapatkan total penilaian 223,7 dan akan menerima hadiah sebesar Rp15 juta.  

Juara IV diraih oleh finalis Jala Muli Saburai Korcab 3 DJA 1 dengan lagu Shalawat Tibil Qulub dengan perolehan nilai 223,1. Dan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta. 

Sementara itu, Group Uni Mitra Seni Indonesia ditetapkan sebagai Juara V dengan judul Shalawat Man Ana dengan total nilai 222,2. Dan akan memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta.  

Nantinya masing-masing pemenang akan mendapatkan piala, serta ke 15 peserta lainnya akan mendapatkan dana apresiasi sebesar Rp 1 juta per group.

Dalam penutupannya Franki menjelaskan sedikit tekni dari berjalannya lomba tersebut. Bahkan ia menegaskan bahwa lomba tersebut tidak ada intervensi dari manapun. 

"Lomba shalwat ini sebetulnya dapat di aransement bebas, jadi seluruh pelatih tidak perlu khawatir dan takut untuk mengeksplorasi shalawat ini menjadi nada, model atau bentuk iringan lagu tertentu, karena musik kolintang ini bebas sebebasnya dan nadanya dikembangkan tetapi tidak mengubah arabnya atau tajwidnya,"

"Karena juri melihat masih ada keraguan dan kekhawatiran untuk mengekslporasi nada yang ada di kolintang ini," tegasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00