Sambil Memegang Piala Citra, Joko Anwar Kebingungan

Sutradara film Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar berpose usai memenangkan kategori Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2020 di Jakarta, Sabtu, 5 Desember 2020 (Ant/Aditya Pradana Putra)

KBRN, Jakarta: Sutradara Joko Anwar, menyabet penghargaan kategori Sutradara Terbaik lewat film 'Perempuan Tanah Jahanam' di ajang penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) 2020. 

Joko mengaku, ia merasa bingung saat berdiri di mimbar penerimaan penghargaan, karena ternyata saat pandemi ini, justru malam anugerah Piala Citra jadi bagus sekali.

"Pertama saya bingung, kenapa di masa pandemi, acara puncak malam FFI bagus banget. Terima kasih kepada rekan-rekan penyelenggara FFI dan Kemendikbud," ujar Joko Anwar dalam acara puncak malam penghargaan FFI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (5/12/2020).

Dalam sambutannya, Joko menekankan pentingnya membangun ekosistem perfilman Indonesia agar lebih maju lagi. 

BACA JUGA: Anugerah FFI, Laura 'Susi Susanti' Basuki Merinding

Dirinya lantas berpesan agar para sineas muda dapat terus belajar untuk mengasah kemampuannya di industri film.

Ia juga berharap para produser dapat memilih proyek-proyek dengan baik. 

"Buat penonton harus menonton secara legal, kritikus harus mampu membaca film, kalau tidak mencerdaskan mampu mencerahkan. Pemerintah harus buat ekosistem perfilman Indonesia menjadi baik. Hanya dengan kerja sama, kerja keras, dedikasi yang penuh, kecintaan terhadap profesi, akan membuat perfilman Indonesia tinggi derajatnya di mata internasional dan mata kita semua," ucapnya.

Dalam kategori yang disabetnya, Joko Anwar menyingkirkan beberapa nama seperti Faozan Rizal, Riri Riza, Sim F, dan Yosep Anggi Noen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00