Deretan Film untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Film jenderal soedirman (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Beberapa hari lagi kita akan merayakan HUT RI ke 75 yang jatuh pada Senin (15/8/2020). Banyak aktivitas yang pasti akan anda lakukan jelang 17 agustusan.

Menonton film salah satunya menjadi aktivitas yang pasti akan anda lakukan saat liburang panjang hari kemerdekaan. Pada masa lalu, kemerdekaan diraih oleh bangsa Indonesia denganberbagai bentuk perjuangan yang semangat dan keras melawan penjajah.

Para pahlawan rela berkorban untuk memperjuangkan Tanah Air dengan caranya masing-masing. Untuk itu, kita tidak boleh melupakan jasa mereka yang sudah berjuang membela negara.

Salah satu mnegenang jasa pahlawan adalah dengan cara menonton film perjuangan tentang mereka. Berikut rekomendasi film Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa anda tonton:

1. Merah putih

Film pertama dari trilogi Merdeka ini disutradarai oleh Yadi Sugandi. Dibintangi oleh aktor kenamaan Indonesia seperti Lukman Sardi dan Darius Sinathrya, film ini mengisahkanperjuangan para pahlawan yang memiliki latar belakang berbeda-beda dalam peristiwa Agresi Militer Belanda I.

2. Darah Garuda (2010)

Darah Garuda merupakan sekuel dari Merah Putih. Masih dengan Yadi Sugandi sebagai sutradara, film ini menceritakan kelanjutan kisah tokoh-tokoh di film sebelumnya dalammemperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

3. Soegija (2012)

Satu lagi film perjuangan kemerdekaan sutradara Garin Nugroho yang menceritakan tokoh pahlawan nasional, Albertus Soegijapranata. Soegija, yang diperankan oleh Nirwan Dewanto,dinobatkan menjadi pahlawan nasional oleh presiden Soekarno atas jasanya dalam berbagai bidang di pergerakan kemerdekaan Indonesia.

4. Soekarno (2013)

Sesuai dengan judulnya, Soekarno merupakan film perjuangan kemerdekaan yang menceritakan kisah hidup tokoh proklamator dan presiden pertama Indonesia. Beberapa aktor ternama turut membintangi film ini, seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, dan Sujiwo Tejo.

5. Jenderal Soedirman

Film ini bercerita tentang tokoh bangsa yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yaitu Jenderal Soedirman. Dibintangi oleh aktor Adipati Dolken, film iniberfokus pada peristiwa Agresi Militer Belanda II dan bagaimana Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya di pulau Jawa.

6. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Film yang mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam menumbuhkan pendidikan Indonesia pada masa penjajahan ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan bintangi oleh RezaRahadian. Melalui film ini, penonton dapat menyaksikan bagaimana Tjokroaminoto berjuang untuk membebaskan bangsa Indonesia dari keterbelakangan pendidikan dan ekonomi.

7. Kartini (2017)

Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, film ini menceritakan tokoh pelopor kebangkitan perempuan bangsa, Kartini. Film Kartini menunjukkan bahwa perjuangan kemerdekaan tidak hanyamelalui peperangan dan strategi militer, namun juga dapat dilakukan dalam menyuarakan emansipasi wanita Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00