Festival Film Animasi Annecy 2020 Digelar Online

Foto istimewa

KBRN, Jakarta: Imbas pandemi Covid-19, Festival Film Animasi International Annecy 2020 ke-60 digelar secara online pada 15 sampai 30 Juni. 

Melansir Forbes, Rabu (16/6/2020), Annecy International Animation Film Festival merupakan acara penghargaan tahunan yang diselenggarakan di Annecy, Perancis sejak 1960 lalu. Acara ini digelar untuk mengapresiasi film-film animasi terbaik yang ada di dunia.

Meski kali ini dilakukan secara online, Festival Film Animasi Internasional Annecy tetap akan menampilkan film-film animasi terbaik, mulai dari film pendek, layar lebar, televisi, hingga karya-karya realitas virtual (VR).

Penikmat film animasi hanya perlu mengeluarkan 15 euro atau sekitar Rp240.7 ribu untuk bisa menikmati film-film pilihan mereka secara eksklusif di laman resmi. 

Festival ini bekerjasama dengan sejumlah platform seperti Netflix dan Gan Foundation dalam menawarkan penayangan awal program mereka yang masuk bagian Carte Blanche.

Salah satu film yang akan tayang awal secara eksklusif adalah Whiskers Away. Film animasi tersebut baru akan dirilis secara global di platform Netflix pada 18 Juni.

Beberapa film animasi yang menjadi pemenang Festival Film Animasi Internasional Annecy adalah I Lost My Body (2019), Funan/The Breadwinner (2018), Lu Over the Wall (2017), Fantastic Mr. Fox (2010), Porco Rosso (1993).

Sementara itu, beberapa film animasi yang akan bersaing dalam kompetisi film panjang adalah 7 Days War (Jepang), Bigfoot Family (Belgia, Prancis), Calamity (Prancis, Denmark), Ginger's Tale (Rusia), Jungle Beat (Mauritius), dan Kill It and Leave this Town (Polandia).

Nominasi lainnya adalah Lupin III The First (Jepang), Nahuel and the Magic Book (Chile, Brasil), Petit Vampire (Prancis), dan The Nose or the Conspiracy of Mavericks (Rusia).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00