Sempat Vakum, Film Hollywood Mulai Berproduksi

Foto Hollywood

KBRN, Jakarta: Fakum beberapa waktu akibat pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19, produksi Film Hollywood kembali dilanjutkan pada Jumat (12/6/2020) nanti. 

Gubernur California Gavin Newsom yang menetapkan keputusan keputusan tersebut.

"Produksi musik, siaran televisi dan film dapat dilanjutkan di California paling paling cepat 12 Juni dan harus mendapatkan persetujuan petugas kesehatan setempat," tulis pernyataan Dinas Kesehatan California, seperti yang dikutip dari Hollywood Reporter, Selasa (9/6/2020).

Tidak hanya itu, produksi baru dapat berlanjut setelah melihat kerentanan masyarakat dan jumlah kasus di kawasan sekitar lokasi syuting.

Para kru produksi dan artis juga harus mematuhi protokol keselamatan yang ditetapkan tim medis. Kru di belakang layar juga wajib mengikuti pedoman yang diterbitkan Dinas Kesehatan dan Dinas Industri California.

Sebelumnya, Newsom menyatakan pedoman untuk produksi musik, televisi dan film pasca lockdown akibat wabah virus corona akan diterbitkan dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan kepada para petinggi industri hiburan Hollywood.

Penerbitan pedoman tersebut ditunda setelah gerakan Black Lives Matter terjadi di banyak kawasan Amerika Serikat. Newsom juga sempat membahas ketidaksetaraan rasial terlebih dahulu sembari menyinggung pedoman keselamatan.

Pada awal pekan lalu, pelaku industri perfilman Hollywood menyerahkan cetak biru protokol keamanan dan keselamatan kala produksi dan syuting kembali beroperasi kepada Gubernur New York Andrew Cuomo, Gubernur California Gavin Newsom, dan Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles.

Dokumen tersebut menawarkan protokol seperti jaga jarak fisik 1,8 meter, artis menggunakan kostum dan tata rias di rumah, kru mengenakan alat pelindung diri, serta mengecek kesehatan secara rutin sebelum memasuki lokasi syuting. (Foto: Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00