Pecahkan Rekor Dalam Seminggu, Begini Film "Makmum 2"

Cuplikan Film Makmum 2 (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Film Makmum 2 yang telah rilis pada 30 Desember 2021 lalu, hampir memecahkan rekor sebagai film yang paling ditonton banyak orang. 

Hal tersebut terlihat dari antusias para penonton pada satu pekan awal penayangan film tersebut. Dalam satu pekan tersebut, film Makmum 2 berhasil mengumpulkan sebanyak 410.224 penonton. 

Pada hari pertama penayangannya, Makmum 2 berhasil mengumpulkan sebanyak 46.185 penonton. Angka tersebut menyerupai jumlah penonton box office pada era sebelum pandemi. 

Rekor itu juga terus berlanjut ke penayangan hari keempat yang berhasil mengantongi 222 ribu penonton dalam sehari. Rekor tertinggi penonton Indonesia pada tahun 2021 hanya 445.777, dan jumlah tersebut pun membutuhkan waktu berminggu-minggu. 

Jika pada sekuel pertamanya alur cerita berfokus pada kehidupan seorang ibu bernama Ibu Kinanti dan murid-murid yang hidup dengan gangguan makhluk-makhluk tidak kasat mata, pada film Makmum 2 ini alur cerita lebih menitikberatkan pada pendalaman karakter Rini (Titi Kamal) yang harus mudik ke kampung halaman karena bude yang telah membesarkannya telah meninggal dunia.

Pada saat sedang melayat Rini mendapati bahwa Hafiz, anak semata wayangya sudah menghilang.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana bisa anak tersebut bisa ditemukan pingsan di tengah hutan?

Rupanya hal tersebut merupakan permulaan dimana semua gangguan makhluk halus yang menyerupai makmum, kehadiran makmum ghoib tersebur membuat iman Ririn goyang. 

Lebih parahnya makhluk yang menyerupai makmum tersebut juga membahayakan kehidupan Hafizh.

Rupanya gangguan tersebut tidak hanya dirasakan oleh keluarga Ririn, sosok yang menyerupai makmum tersebut juga menebar terror kepada penduduk desa lainnya, termasuk anak-anak.

Film ini bergenre horor yang disutradarai oleh Guntur Soehardjanto. Kisah dalam film Makmum diadaptasi dari sebuah film pendek dengan judul yang sama Karya Riza Pahlevi pada tahun 2015.

Selain Titi Kamal, film ini juga menghadirkan Samuel Rizal dan Pritt Timothy. Samuel bakal memerankan Alif, sedangkan Pritt Timothy berperan sebagai Pak Ustaz, lalu, ada pula Marcella Zalianty sebagai Aisyah, Dea Panendra sebagai Lastri, dan Ence Bagus memerankan karakter Dika.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar