Pemkot Gunungsitoli Gandeng Dekranasda Provsu Bantu Promosi Produk Lokal

tempat sampah, tempat tisu, tempat dokumen dan baki hasil kreatifitas UKM kota Gunungsitoli

KBRN, Gunungsitoli: Guna membantu pemasaran produk UMKM lokal, Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli turut mengharapkan perhatian dari Dekranasda Propinsi Sumatera Utara dalam hal pemasaran.

“Seperti kita ketahui bahwa dari sisi strategi pemasaran UMKM, pemasaran adalah ikon penting sebagai sarana untuk mengenalkan produk yang dihasilkan kepada konsumen, mulai dari bahan dan berbagai detil produk. Oleh karena itu saya sudah mengusulkan kepada Dekranasda tingkat Propinsi, kiranya 4 macam hasil kreatifitas UKM yaitu tempat tisu, tempat sampah, tempat dokumen yang diletakkan diatas meja dan juga baki, maka atas nama Dinas Perindustrian kota Gunungsitoli juga memohon kiranya hasil karya UKM dari Kepulauan Nias bisa diakomodir oleh Dekranasda Propinsi Propinsi, contohnya mereka order tempat tisu 100-500 pcs ya kita siap untuk medorong, karena hal-hal yang seperti ini akan membantu mereka/ para pelaku usaha ukm di daerah dalam hal pemasaran,” ujar Yarniwati Gulo S.Sos M.Si Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli, Senin (17/10/2022).

Untuk skala kota Gunungsitoli, seperti halnya hasil kerajinan tangan pelaku UKM mulai dari tempat tisu, tempat sampah, tempat dokumen dan juga baki, ini sudah dimulai dari lingkungan sendiri, dengan menerapkannya menjadi fasilitas dalam ruangan.

“Jadi itu harapan kita, saya titipkan seperti itu karena seberapalah daya beli di kota Gunungsitoli ini, jadi untuk membantu para UMKM, maka seperti itulah salahsatunya yang saya sarankan. Dan bukan hanya anyaman juga yang saya anjurkan dimana saya juga melakukan pendekatan bagaimana dengan produk unggulan baik di desa binaan PKK seperti kuliner terutama keripik, maka untuk pesanan partai besar pun siap sedia untuk dikirimkan keluar kota ke Propinsi bila dibutuhkan,” kata Yarniwati.

Dengan strategi pemasaran UMKM yang baik dan terencana, tentunya akan membuat aktivitas marketing berjalan dengan lebih efektif. “Sehingga tidak menutup kemungkinan sebuah UMKM di Kota Gunungsitoli akan berkembang pesat,” tutup Yarniwati.