Hari Nelayan Nasional, Seksama Sarumaha: Nelayan Nias Selatan Masih Tradisional

KBRN, Nias Selatan: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Selatan, Seksama Sarumaha, S.IP, MA., mengutarakan harapannya, agar menjadikan Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada tanggal 6 April sebagai momentum untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di Nias Selatan.

Seksama Sarumaha mengatakan, nelayan di Nias Selatan perlu perhatian utama dari pemerintah pusat maupun daerah dimasa pandemi covid-19, khususnya dalam meningkatkan sumberdaya manusia dan penyediaan sarana fasilitas para nelayan.

 “Supaya dalam situasi covid-19 ini para nelayan kita mendapatkan perhatian utama dari pemerintah pusat sampai ke daerah, sehingga mereka bisa meningkatkan sumberdaya manusia dan sarana,” ujarnya, Selasa (06/04/2021).

Para nelayan di Nias Selatan menurut Seksama dalam melakukan penangkapan ikan di laut, masih menggunakan teknik penangkapan dan peralatan tradisional, sehingga dapat mempengaruhi hasil tangkap ikan. Menurutnya, sarana yang dimiliki oleh nelayan Nias Selatan belum memberikan hasil yang maksimal.

“Sarana nelayan kita saat ini masih tradisional, dan itu belum bisa memberikan hasil yang banyak,” ujarnya.

Potensi yang dimiliki nelayan Nias Selatan, menurutnya dapat ditingkatkan dengan adanya perhatian pemerintah dalam pengembangan teknik penangkapan dan sarana fasilitas yang digunakan lebih modern.

Dengan adanya perhatian dari pemerintah, para nelayan di Nias Selatan dapat mengembangkan teknik penangkapan ikan dengan sarana yang lebih modern, sehingga dapat meningkatkan hasil tangkap ikan dan kesejahteraan para nelayan. (TA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00