Jelang Pilkada 9 Desember 2020, KPU Nias Gelar Simulasi Pemungutan Surat Suara di TPS

simulasi pemungutan surat suara di TPS

KBRN,Gunungsitoli : Jelang pencoblosan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Nias 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nias menggelar Simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan SIREKAP di tempat Pemungutan Suara (TPS), (Sabtu/21/11/2020).  Acara simulasi yang digelar pukul 07.00 wib ini dilaksanakan di lapangan beringin hiliweto kecamatan Gido, dengan menghadirkan seluruh petugas di TPS, termasuk kelengkapan protokol kesehatan covid-19.

Ketua KPU kabupaten Nias Firman mendrofa kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa, Simulasi ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan seluruh petugas penyelenggara di TPS dan sekaligus meminimalisir terjadinya pelanggaran protokol kesehatan. Karena pelaksanaan Pilkada ditahun ini berbeda ditengah penyebaran covid-19.

“ jika terdapat kekurangan, maka melalui simulasi ini akan menjadi evaluasi kepada seluruh petugas di tiap TPS. Termasuk penerapan protokol kesehatan di TPS “ Ujarnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu kabupaten Nias Warling Telaumbanua pada kegiatan simulasi meminta kepada seluruh penyelenggara maupun pengawas di tiap TPS, agar tetap menjaga integritas sebagai penyelenggara pilkada.

Ditegaskannya, kejadian pelanggaran pada pemilu di tahun sebelumnya di kabupaten Nias diharapkan tidak terulang kembali. Apabila hal itu masih terjadi, maka pihak Bawaslu tidak segan segan melakukan penindakan hukum sesuai peraturan yang berlaku. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00