4 Paslon Cakada Kabupaten Nias, Ikuti Debat Publik Yang di Fasilitasi KPU Nias

Ketua KPU Nias Firman Mendrofa

KBRN,Gunungsitoli : Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nias menggelar Debat Publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias tahun 2020, yang digelar di Auditorium Drs.Fauduzisochi Telaumbanua RRI Gunungsitoli, (Sabtu,24/10/2020). debat publik perdana antar pasangan ini mengangkat Tema “ Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah, dengan moderator Dr.Bakhrul Amal,M,Si.

Adapun 4 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias yang mengikuti Debat Publik perdana yang di motori KPU Kabupaten Nias yakni pasangan calon 01 Ya’atulo Gulo,SE,SH,MH dengan Arota Lase,AMD, pasangan calon 02 Drs.Christian Zebua,MM dengan Anofuli Lase,SH,MH, pasangan calon 03 Enanoi Dohare,SH,MH dengan Yulius Lase,SE,MH, dan pasangan calon 04 Arosokhi Waruwu,SH,MH dengan Asaldin Gea.

Ketua KPU Kabupaten Nias Firmasn Mendrofa,SE kepada Radio Republik Indonesia di sela sela Debat publik menyampaikan bahwa pelaksanaan Debat publik antar pasangan calon ini salah satu upaya memfasilitasi paslon untuk mengenalkan lebih rinci tentang visi misi dan program kepada seluruh masyarakat kabupaten Nias. dengan demikian melalui debat ini, masyarakat atau pemilih di kabupaten Nias dapat mendengar dan melihat, lalu melahirkan sudut pandang dan pada akhirnya tergerak untuk menggunakan hak pilihnya atau menentukan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 sesuai visi misi masing masing pasangan calon.

“ Masyarakat kabupaten Nias sebagai masyarakat pemilih yang baik, tentu harus mendapatkan informasi yang konfrenship dan berkesinambungan atas profil dan figur serta kualitas masing masing calon “ Ujarnya.

Sementar itu, Komisioner Bawaslu kabupaten Nias Warling Telaumbanua yang turut hadir dalam debat publik antar paslon mengatakan bahwa, pihak Bawaslu mengapresiasi atas pelaksanaan debat Publik antar paslon Bupati dan wakil Bupati Nias, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ditengah penyebaran pandemi covid-19.

“ kami sebagai pengawas pemilu pada pilkada 2020 dikabupaten Nias, turut serta mengawasi seluruh tahapan pilkada, termasuk pelaksanaan debat publik yang difasilitasi pihak KPU Nias hari ini. kita pastikan bahwa debat ini tetap mengikuti protokol kesehatan “ Katanya.

Untuk diketahui bersama, pelaksanaan Debat Publik antar psangan calon di kabupaten Nias akan digelar 3 kali. Debat pertama tanggal 24 Oktober 2020 dengan Tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah, sementara debat publik ke 2 akan digelar pada tanggal 7 November 2020 dengan tema Meningkatkan pelayanan untuk masyarakat Nias, kemudian jadwal debat ke 3 akan digelar pada tangga 21 November 2020 dengan Tema Hukum sebagai pedoman dalam pembangunan daerah. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00