Tidak Memenuhi Syarat Stiker Di Copot Di Rumah - Rumah Warga..

KBRN, Gunungsitoli : Stiker pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar Pemilih,  Pilkada 2020 di Kabupaten Nias Utara tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Nias Utara, Evorianus Harefa membenarkan, stiker coklit yang dipergunakan oleh PPDP tersebut memang telah terjadi kesalahan cetak.

"Pada  stiker tersebut belum tercantum hari dan tanggal pemungutan suara juga terdapat kekurangan huruf, seharusnya ‘Keluarga’ tapi tercetak ‘Kelurga’ begitu juga kualitas cetaknya sangat tidak memadai." Terang, Evorianus, Rabu (22/7/2020).

Stiker yang sempat di tempelkan di rumah rumah warga agar segera di copot oleh PPK, PPS dan PPDP dan tidak di tempelkan lagi di rumah-rumah warga.

Evorianus Harefa menyebutkan, stiker coklit yang bermasalah tersebut di cetak berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK) di Nias Utara.

Untuk Stiker pengganti sedang dalam percetakan dan Mudah-mudahan dua tiga hari ke depan stiker tersebut telah selesai dicetak dan didistribusikan kepada warga yang telah dicoklit.

Menurut pengakuan Evorianus hal tersebut sama sekali bukan kelalain yang fatal dan juga bukan suatu pelanggaran tahapan Pilkada.

Buktinya hingga saat ini belum ada surat dalam bentuk rekomendasi dari Bawaslu Nias Utara.

Walaupun stiker pengganti belum selesai namun pencoklitan yang di lakukan oleh PPDP sedang berlangsung hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

Pemutakhiran data penduduk tersebut untuk memastikan data warga yang harus terdaftar sebagai  pemilih pada pilkada, 9 Desember 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00