KPU Kab. Nias Utara Gelar Apel Persiapan GCS Di Kecamatan Lotu.

KBRN, Gunungsitoli :  Apel persiapan gerakan coklit serentak (GCS) pagi tadi berlangsung di halaman Kantor PPK Desa Hilidundra Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.Sabtu (18/7/2020)

Pembina pada Apel persiapan GCS tersebut, mewakili Komisioner KPU Kabupaten Nias Utara, Delianus Zalukhu yang merupakan Sekretariat KPU Kabupaten Nias Utara dan di ikuti oleh PPK, PPS dan PPDP sekecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.

Ketua PPK Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara Petrus Zega mengatakan, pelaksanaan apel  tersebut merupakan tahap awal dalam pelaksanaan coklit serentak di Kecamatan Lotu Khususnya dan di Nias Utara pada umumnya.

Kegiatan coklit serentak yang di laksanakan hari ini, untuk  menyusun dan memperbaiki daftar pemilih agar menghasilkan data yang akurat pada pelaksanaan Pilkada 2020, yang dilaksanakan PPDP, PPS, PPK dan turut di pantau oleh Komisioner KPU Nias Utara.

Petrus Menyebutkan , kegiatan coklit serentak di Kecamatan Lotu di laksanakan untuk tokoh masyarakat di 6 Desa yakni di desa Fadoro Fulolo, Hilidundra, Hiligodu, Baho, Lolofaoso Dan Desa Hiligeo Afia.

Coklit serentak tersebut berpedoman pada protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak serta di laksanakan di halaman rumah penduduk guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

" Coklit serentak tersebut tidak terlaksana di seluruh Desa di Kecamatan Lotu, mengingat adanya kegiatan yang berlangsung di KPU Kabupaten Nias Utara dan harus di hadiri oleh penyelenggara Pilkada di Tingkat Kecamatan " Terang, Petrus.

Sementara itu tokoh masyarakat Desa Fadoro Fulolo, Otorius Harefa yang merupakan salah satu sasaran Coklit serentak mengucapkan terimakasih kepada PPK, PPS dan PPDP yang sudah melakukan tahapan Pilkada diantaranya coklit serentak dan sebaiknya pihak Penyelenggara Pilkada, agar mensosialisasikan gerakan coklit ini untuk  diketahui oleh masyarakat yang akan di kunjungi oleh PPDP.

Hal itu perlu di lakukan oleh pihak penyelenggara Pilkada, guna membantu masyarakat agar mempersiapkan dokumen yang di butuhkan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP. 

Menurut Otorius, masih ada waktu sosialisasi tersebut  baik melalui pemasangan spanduk  maupun sosialisasi langsung kepada masyarakat, dikarenakan coklit daftar pemilih Pilkada berakhir tanggal 13 Agustus 2020.

Menanggapi Hal itu, Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa menyatakan, bahwa sosialisasi kepada masyarakat terkait Pencoklitan daftar pemilih sudah di laksanakan oleh KPU Kabupaten Nias Utara, baik Melalui Tolkshow di RRI, juga dalam bentuk rapat koordinasi dengan stakeholder terkait.

Untuk pemasangan spanduk, Ketua KPU Kabupaten Nias Nias Utara memastikan bahwa semua sudah di siapkan oleh KPU Kabupaten Nias Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00