Sitori Mendrofa: Derajat Legitimasi Pemilu Ditentukan Tingkat Partisipasi Pemilih

Sitori Mendrofa Komisioner KPU Kab.Nias

KBRN,Gunungsitoli : Salah satu indikator sistem demokrasi adalah terselenggaranya Pemilu dan Pemilukada secara demokratis. Pemilukada yang demokratis akan menghasilkan kepala daerah yang legitimate. Derajat legitimasi pemilu ditentukan oleh tingkat partisipasi pemilih, termasuk pemilih muda.

Hal itu disampaikan Sitori Mendrofa,S.Pd selaku Komisioner KPU Kabupaten Nias bidang SDM dan partisipasi masyarakat pada saat bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan pendidikan politik terhadap masyarakat yang digelar di aula Gereja BNKP Lolowua resor 24 kecamatan Hiliserangkai kabupaten Nias, (Kamis/2/7/2020).

Acara yang diprakarsai Kesbangpol Kabupaten Nias ini dihadiri dari pihak Bawaslu kabupaten Nias dan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan , dan para pemilih pemula di 3 kecamatan yakni kecamatan Botomuzoi, kecamatan Hiliduho dan kecamatan Hiliserangkai.

Dikatakan Sitori Mendrofa,  pesta demokrasi pemilihan kepala daerah kembali digelar pada 9 Desember 2020 akan datang. Hal itu sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 yang mengatur seluruh tahapan pilkada serantak 2020. Dan dikabupaten Nias sendiri akan turut serta dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2021-2024.

Dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias ini Jelas Sitori Mendrofa, tidak terlepas dari peran seluruh warga masyarakat di kabupaten Nias, dengan memberikan hak pilihnya pada 9 desember 2020. Termasuk mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan tahapan pilkada 2020, sehingga dapat berjalan aman, lancar dan berkualitas.

“ parameter sukses penyelenggaraan pemilu ini ditentukan dalam 4 faktor yakni Keberhasilan semua kegiatan yang berkaitan dengan teknis kepemiluan,  Terwujudnya pelaksanaan Pemilu yang Luber  Jurdil dan Aman, Para pemimpin rakyat yang dihasilkan dari proses Pemilu berkualitas, dan  Partisipasi masyarakat yang tinggi dan  rasional “ Ujarnya.

Untuk itu Sitori Mendrofa mengajak semua masyarakat dikabupaten Nias untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada 2020 meskipun ditengah penyebaran Covid-19. Dan jangan pernah Golput. Akan tetapu menjadi pemilih yang cerdas dan kritis dalam menentukan hak pilihnya sesuai visi dan misi para calon. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00