Selama 14 Hari, KPU Kab.Nias Gelar Verfak Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Jalur Perseorangan

KBRN,Gunungsitoli : Untuk bisa memastikan dukungan terhadap calon perseorang yang maju pada pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias tahun 2020, KPU Nias sejak tanggal 27 Juni 2020 hingga 10 Juli 2020 melakukan Verifikasi Faktual.

Ketua KPU Kabupaten Nias Firman mendrofa kepada Radio Republik Indonesia menyampaikan bahwa pelaksanaan Verifikasi faktual ini, sesuai dengan tahapan Pilkada 2020, dimana setelah dilakukan verifikasi administrsi terhadap 2 pasangan calon yang maju pada jalur perseorangan di kabupaten Nias, maka selanjutnya pihak penyelenggara turun langsung kelapangan untuk melakukan pendataan dan memastikan sesuai dengan KTP dukungan ke rumah-rumah yang bersangkutan.

Firman menjelaskan, pelaksanaan Verfak berkas dukungan calon perseorangan, dilakukan dengan metode sensus, hal ini sesuai petunjuk dari KPU RI.  

“ Verifikasi Faktual ini, petugas kita dilapangan mendatangi langsung setiap tempat tinggal pendukung, dan didampingi pihak pengawas dari Bawaslu kabupaten Nias. Hasil verifikasi selanjutnya dikumpulkan kepada PPK untuk diteruskan ke KPU Kabupaten “ Katanya (Rabu/1/7/2020).

Dilanjutkan Firman mendrofa, dalam pelaksanaan Verfak ini seruh petugas yang turun dilapangan menjalankan seluruh protokoler kesehatan Covid-19. Artinya, para petugas akan dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, menyiapkan hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak bila ketemu langsung dengan warga.

Ditambahkan Ketua KPU Kabupaten Nias, adapun jumlah syarat dukungan yang harus dikumpulkan Calon Kepala Daerah yang maju melalui jalur perseorangan, masing masing calon harus mengumpulkan dukungan KTP Elektronik sebanyak 10 persen dari DPT pemilu terakhir, atau 9.350 pendukung yang sudah di input melalui Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON), dan dilengkapi dengan formulir surat pernyataan dukungan dari setiap masyarakat, paling sedikit tersebar di 6 wilayah kecamatan Se kabupaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00