Antisipasi Penyebaran Covid-19, KPU Kab.Nias Menambah Jumlah TPS Pada Pilkada 2020

gambar simulasi pemilu serentak 2019 di KPU Kab.Nias

KBRN,Gunungsitoli : Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Nias terus melakukan pendataan dan juga pemetaan jumlah pemilih di setiap Tempat Pemungutan Surat suara pada pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Nias yang akan di gelar secara serentak pada tanggal 9 desember 2020 akan datang.

Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa kepada Radio Republik Indonesia menjelaskan bahwa pemetaan jumlah pemilih di setiap TPS di 170 desa Se-kabupaten Nias, untuk meminimalisir jumlah penumpukan orang di setiap TPS pada hari H pencoblosan. Hal ini dilakukan untuk mengatispasi penyebaran Covid-19.

“ iya, kita saat ini sedang melakukan pendataan jumlah pemilih di setiap TPS. sesuai ketentuan sebelumnya, jumlah paling banyak pemilih di satu TPS bisa 800 pemilih, namun sesuai intsruksi dari pimpinan untuk mengantispasi penyebaran covid-19 ini, maka jumlah pemilih di setiap TPS tidak boleh lebih dari 500 orang “ Ujarnya (Rabu/24/6/2020).

Ketua KPU kabupaten Nias Firman mengatakan, pada bulan juli 2020 ini pihaknya akan memfinalisasi pendataan jumlah pemilih di setap TPS. Hingga saat ini TPS yang jumlah pemilihnya diatas 500 pemilih sudah berjumlah 40 TPS namun jumlah itu bisa saja bertambah. Sehingga diperkirakan jumlah TPS pada pilkada 2020 di kabupaten Nias bisa mencapai 378 TPS, dimana jumlah sebelumnya hanya 338 TPS.

Firman juga menambahkan, dengan bertambahnya jumlah TPS ini, maka akan bertambah penyelenggara pemilu di tingkat TPS. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00