Guna Meminimalisir Pelanggaran Pilkada 2020, Bawaslu Kab.Nias Koordinasi Dengan Pemkab Nias

KBRN,Gunungsitoli: Dalam rangka pencegahan terhadap pelanggaran pada tahapan pencalonan pada Pemilihan kepala daerah tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias melaksanakan koordinasi dan sosialisasi secara langsung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias.

Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Nias diterima langsung oleh Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, S.H., M.H., di ruang kerjanya di Kantor Bupati Nias, Jl. Pelud Binaka Km. 9 Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Hura mengatakan, koordinasi dan sosialisasi ini dilakukan untuk menyampaikan himbauan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias untuk tidak melaksanakan mutasi jabatan 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon Pemilihan Tahun 2020, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

“koordinasi dan sosialisasi ini dilakukan untuk menyampaikan himbauan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias untuk tidak melaksanakan mutasi jabatan 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon Pemilihan Tahun 2020 “ Ujarnya (kamis/9/1/2020).

Novan menjelaskan, saat ini tahapan pemilihan kepala daerah sudah mulai dilaksanakan. Dan pihak bawaslu kabupaten Nias sudah mulai melakukan pengawasan.

Pada kesemptan itu, Wakil Bupati Nias menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bawaslu Nias dalam rangka koordinasi terkait tahapan pengawasan pencalonan pada Pemilihan Tahun 2020. Wakil Bupati Nias sangat mengapresiasi langkah preventif yang dilakukan oleh Bawaslu guna pencegahan terhadap pelanggaran dalam tahapan pencalonan pada Pemilihan Tahun 2020. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00