Program Bawaslu Mendengar

KBRN, Gunungsitoli: Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam melakukan pencegahan dan penindakan, Bawaslu menjadi kunci atas berlangsungnya tahapan pemilu yang berintegritas.

Maka untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu yang luber, jurdil dan berintegritas dimulai dengan menyusun strategi dan perencanaan pengawasan, pencegahan, dan penindakan yang baik. Salahsatunya dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada para pihak terkait kepemiluan untuk memberikan masukan terhadap Bawaslu.

Dengan berbagai cara dan kegiatan, Bawaslu menerima kritik dan masukan untuk menentukan langkah awal dalam melakukan pengawasan pemilu.

"Program "Bawaslu Mendengar" hari ini berlangsung secara virtual melalui Youtube Bawaslu RI. Bawaslu Mendengar adalah saran menghimpun masukan, saran dan harapan dari Kementerian/ lembaga pemangku kepentingan pemilu dan pengawasan pemilu, pegiat kepemiluan, media, organisasi kemasyarakatan dan keagamaan mengenai pemilu dan pengawasannya untuk peningkatan kualitas kinerja Bawaslu," ujar Nur Alia Lase Divisi PHL Bawaslu Kota Gunungsitoli, Minggu (15/05/2022).

Melalui program ini Bawaslu menerima masukan terkait penataan organisasi, pengawasan, penindakan, penyelesaian sengketa, dan sosialisasi. Hal itu akan menjadi sekumpulan masukan dari para pihak yang menjadi kontribusi besar terhadap penetuan langkah strategis Bawaslu.

Melalui program Bawaslu Mendengar, seluruh pendapat dan masukan para pihak disusun dan disistematisasikan sesuai dengan tugas, kewajiban, dan kewenangan Bawaslu. Dokumen Bawaslu Mendengar dapat menjadi langkah untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu yang partisipatif dan berintegritas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar