2 Parpol Di Kota Gunungsitoli Dapat Dana Hibah Pada Desember 2021

KBRN, Gunungsitoli: 2 dari 9 partai politik akan mendapatkan dana hibah dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Gunungsitoli pada Desember 2021 mendatang.

“Pemerintah kota Gunungsitoli merealisasikan sejumlah anggaran bantuan keuangan untuk partai politik peserta Pemilu sebelumnya. Bantuan tersebut diberikan kepada partai politik yang berhasil mendapatkan kursi di tingkat parlemen,” ujar Yenni Natalies Lase Kepala Bidang Politik Dalam Negeri pada Badan Kesbangpol Kota Gunungsitoli, Selasa (30/11/2021).

Anggaran tersebut sudah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Aturan tersebut juga disampaikan kepada perwakilan partai politik yang memiliki suara di parlemen. “Hal ini penting untuk dipahami partai politik, khususnya dalam menggunakan dan melaporkan dana bantuan keuangan dari pemerintah,” kata Yenni.

Berdasarkan aturan, partai politik penerima bantuan keuangan wajib memanfaatkan dan menyusun laporan penggunaan dana bantuan keuangan dimaksud.

“2 dari 9 partai politik akan mendapatkan dana hibah dari Badan Kesatuan bangsa dan Politik Kota Gunungsitoli pada Desember 2021 mendatang, sementara 7 parpol lainnya telah menerima dalam rentang waktu tahun 2021. Penggunaan bantuan keuangan ini diprioritaskan untuk pendidikan politik bagi anggota parpol maupun masyarakat. Kemudian, juga sebagai dana penunjang kegiatan operasional sekretariat parpol,” tutup Yenni.IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar