Himpun Data Pemilih Pemula, KPU Nias Turun Ke Sekolah

KBRN,Gunungsitoli : Dalam mengakomodir daftar pemilih pemula yang sudah berumur 17 Tahun masuk dalam Daftar Pemilih, Komis Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam penyempurnaan data pemilih di kabupaten Nias pada pemilu 2024 yang akan datang.

Salah satu yang dikunjungi KPU Kabupaten Nias melalui Divisi Perencanaan data dan Infromasi untuk melakukan koordinasi di sekolah SMK Swasta Tomoso II yang terletak di Desa Soewe Kabupaten Nias.

Menurut keterangan Dedi Kurniaman Bat’e selaku Komisioner Divisi Perencanaan data dan Infromasi di KPU kabupaten Nias kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa koordinasi dengan kepala sekolah tersebut dalam rangka menanyakan secara langsung informasi data siswa siswi sebagai salah satu bahan pemilih pemula untuk di masukan dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang sedang berlangsung saat ini.

“ kita langsung turun di sekolah sekolah yang berpotensi adanya pemilih pemula yang yang telah memiliki E-KTP. Kita berharap melalui pendataan ini, semua pelajar yang sudah genap 17 tahun bisa masuk dalam Daftar Pemilih di kabupaten Nias ” Ujarnya (Senin/18/10/2021).

Dilanjutkan Dedi, selain turun di sejumlah sekolah di kabupaten Nias pihak KPU juga telah menjalin koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan pihak pemerintah melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Nias, aparat kecamatan hingga aparat tingkat desa. Pada pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut pihak KPU Nias lebih fokus pada pemilih pemula, pensiunan TNI/Polri, meninggal dunia, dan juga pindah kependudukan.

Untuk diketahui bersama, pada rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Triwulan ke III bulan september 2021 yang lalu, KPUN Nias mencatat sebanyakn 86.815 orang pemilih. Dengan rincian pemilih laki laki 41.515 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 45.300 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00