KPU Nias Gandeng Disdukcapil Kabupaten Nias Maksimalkan Data Pemilih Berkelanjutan

KBRN,Gunungsitoli : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias terus menggandeng pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Nias dalam keakuratan data pemilih di wilayah kabupaten Nias.

Menurut informasi yang disampaikan Dedi Kurniaman Bate’e kepada RRI.Co.id mengatakan bahwa keakuratan data pemilih sangat penting, sehingga KPU kabupaten Nias berkewajiban melakukan pendataan bagi pemilih pemula, pensiunan TNI/Polri, yang meninggal dunia, dan pindah status kependudukan.

“ dalam keakuratan data pemilih ini, kita dari KPU Nias tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Dukcapil, termasuk kepada Camat maupun kepala Desa ” Ujar Dedi (Rabu/6/10/2021).

Dijelaskan Dedi, untuk penyempurnaan data pemilih di kabupaten Nias, pihak KPU terus melakukan rekapitulasi secara berkelanjutan. Dan bulan Oktober 2021 ini, pihaknya telah melakukan  Rapat Koordinasi dan Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan III Tahun 2021.

Hasil rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan triwulan ke III bulan September tahun 2021 di kabupaten Nias sebanyak 86.815 pemilih yang terdiri dari 41.515 pemilih laki-laki dan 45.300 pemilih perempuan.

Dedi menambahkan, KPU Kabupaten Nias mengaharapkan Tanggapan Masyarakat Kabupaten Nias untuk dapat melaporkan anggota keluarga yang berumur 17 tahun dan sudah mempunyai KTP-el atau keluarga yang beralih status menjadi pensiunan TNI/Polri, keluarga yang meninggal dunia, dan keluarga yang mengalami perubahan data penduduk. Hal ini dilakukan untuk penyempurnaan data pemilih di kabupaten Nias. (Bobi R)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00