Strategi Kota Gunungsitoli Dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021

KBRN Gunungsitoli: Komisioner KPU Kota Gunungsitoli divisi Perencanaan Data dan Informasi Fajarman Zalukhu mengatakan sasaran pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021 yakni warga yang belum terdaftar sebagai pemilih, baru berusia 17 tahun, terdapat keluarga yang meninggal dunia dan  pensiunan TNI Polri yang menjadi masyarakat sipil biasa.

“Termasuk yang mengalami perubahan data kependudukan misalnya jika sudah pindah atau keluar dari kota Gunungsitoli ataupun antar kecamatan,” jelasnya, Jum’at (9/7/2021).

Disebutkannya ada 3 strategi KPU Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan pemutakhiran data pemilih yakni melalui pembukaan Posko di KPU Kota Gunungsitoli setiap jam kerja dengan menempatkan petugas utntuk menerima masyarakat yang melaporkan data pemilihnya.

Selain itu KPU kota gunungsitoli membuka layanan kotak saran yang ditempatkan di ruang tunggu dinas kependudukan kota gunungsitoli dengan sasaran masyarakat yang sedang antri mengurus data kependudukannya. Sekitar 50 orang setiap harinya terlihat antri.

“Atau masyarakat juga bisa melapor melalui link http:bit.ly/dbpgusit, cara ini paling simple jika masyarakat tidak sempat datang ke kantor kami,” sambung Fajar.

Mengingat respon masyarakat terhadap saluran yang disediakan  masih minim KPU kota Gunungsitoli juga mewacanakan akan menerbitkan sertifikat Berhak Menjadi Pemilih bagi pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun dan melaporkan dirinya ke Kantor KPU kota Gunungsitoli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00