KPU Nias Evaluasi Partisipasi Pemilih Pada Pilkada 2020 di Kabupaten Nias

sosialisasi partisipasi pemilih di kecamatan Gido

KBRN,Gunungsitoli : Komisi pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nias kembali melanjutkan sosialisasi pendidikan pemilih dan sekaligus evaluasi pelaksaan pilkada 2020 di kabupaten Nias. kali ini jajaran KPU melaksanakan sosialisasi di wilayah kecamatan Gido dengan mengundang Camat, kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Komisioner KPU kabupaten Nias Sitori Mendrofa kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa sosialisasi pendidikan pemilih dan sekaligus evaluasi pelaksaan pilkada 2020 di kabupaten Nias menjadi bahan evaluasi dan analisa guna mencari formulasi agar arah strategi peningkatan partisipasi kedepan akan semakin baik.

“ kegiatan ini dalam rangka evaluasi pilkada 2020 di kabupaten Nias. dan kita akan melaksanakan di semua kecamatan dengan mengundang para camat dan juga aparata desa ” Ujarnya (Minggu/20/6/2021).

Menurut penuturan Sitori Mendrofa, dalam sosialisasi tersebut lebih menekankan terkait rendahnya partisipasi pemilih pada setiap perhelatan pesta demokarasi. Pada pilkada 2020 di kabupaten Nias tingkat partisipasi pemilih hanya 71,33 persen.

“ secara keseluruhan partisipasi pemilih dikabupaten Nias hanya 71,33 persen. Persentasi pemilih ini tentu tidak memenuhi partisipasi secara Nasional sebesar 77,5 persen ” Jelasnya.

Untuk itu melalui sosialisasi tersebut, pihaknya mendengarkan dan menampung semua masukan dari unsur pemerintah kecamatan hingga ke tingkat desa demi peningkatan partisipasi pemilih pada peseta demokrasi kedepan. Mengingat tahun 2022 sudah mulai kembali dilaksanakan tahapan pemilu dan pemilihan 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00