Pentingnya Pendidikan Politik Untuk Kemajuan Bangsa

Sosialisasi Pendidikan Politik Gabungan Kec.Idanogawo, Bawolato dan Ulugawo.

KBRN, Gunungsitoli: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kesbangpol Kabupaten Nias kembali menyasar para tokoh dan masyarakat umum dalam sosialisasi pendidikan politik.

“Setelah melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik ini di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Nias, maka kali ini kita kembali melaksanakannya dengan melibatkan gabungan dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Idanogawo, Bawolato dan Ulugawo, Besar harapan kita ya bahwa dengan menyasar seluruh kecamatan se kabupaten Nias dalam pelaksanaan program Sosialisasi pendidikan Politik ini, diharapkan akan semakin meningkatan pengetahuan politik masyarakat agar dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik yang akan digelar pada masa mendatang.” ungkap Eliman Mendrofa selaku Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias SE, Jumat (26/03/2021).

Dari data yang dimiliki, gambaran umum persentase partisipasi masyarakat pada Pemilu di kabupaten Nias dari tahun ke tahun diketahui sebagai berikut, pada PILKADA 2015 sebesar 63,99 persen, PILGUB 2018 53,02 persen, Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 sebesar 71,68 persen dan PILKADA serentak 2020 sebesar 71,33 persen. Data tersebut menunjukkan jumlah kehadiran masyarakat pada setiap penyelenggaraan pemilihan umum di kabupaten Nias masih rendah, dengan kata lain bahwa masyarakat yang sudah memenuhi syarat belum seluruhnya menggunakan hak pilihnya.

Oleh karena itu, melalui upaya sosialisasi Pendidikan Politik kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana urgensinya pendidikan politik tersebut bagi kehidupan di masa sekarang dan masa akan datang, karena sejatinya masyarakat itu sebagai agen of change dalam proses politik.

“Proses pendidikan politik ini ini kan sejatinya harus terlaksana secara merata terhadap seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Nias tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan. Jadi kita harapkan dengan pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik ini akan semakin menjalin sinergitas antara Pemda dan peran tokoh masyarakat untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat di wilayah Kabupaten Nias”.tutup Eliman.IDA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00