FOKUS: #PILKADA 2020

Gugatan Bapaslon Bupati Fodela Ditolak Oleh PTTUN Medan SUMUT.

KBRN, Gunungsitoli :  Sidang Gugatan Bakal Calon Bupati Nias Utara Fonaha Zega dengan Emanuel Zebua (Fodela) Selaku Penggugat akibat tidak memenuhi syarat (TMS) menjadi Pasangan Calon Bupati,  berlangsung di ruang sidang Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan Sumatera Utara (SUMUT). Jumat (6/11/2020).

Komisioner Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara, Inotonia Zega mengatakan, hasil persidangan permohonan penggugat yang dinyatakan dalam putusan Majelis Hakim yakni, ditolak atau tidak diterima.

“ Permohonan penggugat ditolak oleh Majelis Hakim di PTTUN Medan,  dikarenakan pokok perkara dan  tenggang waktu tidak sesuai dengan ketentuan,  sehingga tidak dapat di lanjutkan proses persidangan oleh Majelis Hakim di PTTUN Medan Sumatera Utara”. Ujar, Inotonia Zega.

Majelis Hakim telah menanyakan kepada kuasa hukum tergugat tentang putusan tersebut, KPU Nias Utara telah menyatakan menerima. Ketika ditanyakan lebih lanjut terkait upaya hukum lainnya,  Divisi Hukum KPU Nias Utara menyatakan hal itu sepenuhnya kembali kepada pihak Penggugat. 

“KPU Nias Utara sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara telah berjalan dengan baik, selanjutnya mengatakan terkait putusan PTTUN  Medan menjadi bukti bahwa keputusan KPU Nias Utara sudah  sesuai ketentuan”.

Menurut Divisi Hukum KPU Nias Utara, Putusan Majelis Hakim di PTTUN Medan, akan di sampaikan ke KPU Provinsi Sumatera Utara, untuk menindaklanjuti tahapan pengadaan logistik seperti surat suara, formulir, dan keperluan lainnya karena Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Nias Utara sudah dekat.

Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa menyampaikan, bahwa dengan adanya putusan PTUN Medan, maka KPU Kabupaten Nias Utara akan mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, dengan penuh semangat dan rasa tanggunjawab.

“ Dalam menjalankan tugas tahapan Pilkada KPU Kabupaten Nias Utara  tetap berpedoman pada PKPU No.5 tahun 2020, PKPU Nomor 13 tahun 2020 serta PKPU Nomor 1 tahun 2020 dan PKPU No.9 tahun 2020,” Kata, Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00