Kepala Desa di Nias Barat Ditangkap Polisi Bersama BB Sabu dan Uang Ratusan Juta Rupiah

KBRN, Gunungsitoli: Kepolisian Resor Nias berhasil mengamankan salah seorang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Nias Barat karena terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Polisi menangkap Yosefo Gulo alias YG (52) yang juga merupakan Kepala Desa Zuzundrao, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat atas kepemilikan Narkotika jenis sabu seberat 0,84 gram.

"Dari kediaman tersangka YG berhasil diamankan Barang Bukti (BB) berupa 1 buah plastik transparan berisi butiran kristal diduga narkotika jenis sabu 0,84 gram dan 1 unit handphone merek Nokia warna hitam," ujar Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan saat menggelar konferensi Pers di Mapolres Nias, Jumat (06/03/2020).

Tidak hanya itu saja, lanjut Kapolres, setelah dilakukan penggeledahan terhadap tersangka juga darinya disita uang sebesar Rp. 350.000.000 (tiga ratus lima puluh juta rupiah) yang menurut pengakuan tersangka uang tersebut adalah Dana Desa (DD) Desa Zuzundrao.

"Dari pengakuan tersangka, uang tersebut merupakan Dana Desa Desa Zuzundrao Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat dan tidak ada kaitannya dengan perkara narkotika," kata AKBP Deni menjelaskan pengakuan tersangka.

"Kita juga telah melibatkan tim dari Tipikor untuk menyelidiki keberadaan dan status uang tersebut karena harusnya penarikan Dana Desa dalam jumlah besar tidak diperbolehkan dan tidak segampang itu," tambanya.

Selain itu juga, kata AKBP Deni, tersangka menyebutkan bahwa dalam mengambil Dana Desa tersebut melalui rekening pribadi dan hal ini sedang diselidiki.

"Tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subs 112 Ayat (1) dari Undang-undang Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 Tahun," jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00