RANPERDA Pilkades Menunggu Pembahasan di Lembaga DPRD Kab. Nias Utara.

A"aroo Zalukhu S.Pd, MM (Kadis PMD Kab. Nias Utara)

KBRN, Gunungsitoli : Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) pemilihan kepala desa di Kabupaten Nias Utara,  telah di serahkan ke Lembaga DPRD untuk dirapat Paripunakan. Ranperda yang di usulkan tersebut merupakan Rancangan perubahan Perda No. 4 Tahun 2017 tentang pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Nias Utara.

Kepala dinas PMD Kabupaten Nias Utara A’Aroo Zalukhu S.PD, MM mengatakan, dalam Ranperda tersebut telah di usulkan agar di laksanakan pemilihan kepala desa serentak di tahun 2025. perilu di laksanakan secara serentak mengingat keterbatasan anggaran.

“ Dinas PMD Kabupaten Nias Utara masih menunggu rapat paripurna pembahasan Ranperda tersebut dan nantinya akan di sampaikan kepada pemerintah desa dan masyarakat Nias Utara,” Ujar, A;’Aroo Zalukhu.

Perlu penetapan Perda perubahan mengingat ada beberapa point penting yang perlu di revisi sehingga nantinya Pilkades tersebut dapat berjalan dengan maksimal di Kabupaten Nias Utara.

Menurut Data yang di himpun oleh Dinas PMD Kabupaten Nias Utara, masa jabatan kepala desa di 112 desa akan berakhir hingga tahun 2024, untuk tahun 2022 sebanyak 55 desa, 51 desa tahun 2023 dan 6 desa tahun 2024.

A’aroo menyatakan bahwa untuk 112 desa nantinya di Kabupaten Nias Utara akan di tugaskan Penjabat kepala desa ketika masa jabatan kepala desa telah berakhir guna mewujudkan kegiatan desa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar