Anggota BPD Yang Diberhentikan Bupati Nias Utara Tidak Dapat Diaktifkan Kembali Sesuai Amar Putusan PTUN.

KBRN, Gunungsitoli : Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Fulolo Saloo Kecamatan Sitoluori Kabupaten Nias Utara Inisial YHG yang sudah di berhentikan oleh Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu,  tanggal 10 November 2021, tidak dapat diaktifkan kembali  sebagai anggota BPD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nias Utara A’Aroo Zalukhu S.Pd mengatakan, Amar Putusan hakim di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, bahwa gugatan Anggota BPD Inisial YHG untuk di aktifkan kembali menjadi BPD desa Fulolo Saloo ditolak.

" Berdasarkan Putusan tersebut, maka Dinas PMD kabupaten Nias Utara tidak dapat mengaktifkan kembali YHG tersebut menjadi BPD desa Fulolo Saloo dan nantinya bila masih ada kendala tentang putusan tersebut, maka Pemerintah daerah melalui dinas PMD kabupaten Nias Utara akan melakukan Kosultasi kepada Menteri Dalam Negeri" Ujarnya.

Perlu di ketahui bahwa  alasan pemberhentian YHG  adalah tidak berdomisili di wilayah pemilihan di Desa Fulolo Salo,o pada saat pemilihan BPD dan sehingga yang bersangkutan menggugat ke PTUN Medan dan hasilnya gugatan hanya sebagian di kabulkan oleh Hakim PTUN.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar