E - SUKET Terobosan baru dari Pengadilan Negeri Gunungsitoli

KBRN, Gunungsitoli : Pengadilan Negeri Gunungsitoli kembali membuat sebuah terobosan inovasi yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Kepulauan Nias. Inovasi tersebut diberi nama E-SUKET (Surat Keterangan Online), nama ini dipilih karena familiar di Kepulauan Nias, terutama bagi yang sedang dan telah mengurus administrasi pencalonan Kepala Daerah, Kepala Desa, BPD, Mutasi Kerja PNS dan Pensiun.

Diterangkan Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Agus Komarudin, SH Inovasi ini dibuat merujuk kepada permohonan Surat Keterangan Pengadilan yang sangat tinggi. Terhitung data permohonan yang masuk dan telah dikeluarkan adalah sebanyak 830 permohonan, sementara pada tahun 2020 sebanyak 1. 337 permohonan, ditambah lagi dengan banyak nya permohonan Surat Keterangan ini memicu antrian di PTSP yang cukup banyak, sehingga ditakutkan menjadi sumber penyebaran Virus Covid-19 yang masih belum selesai.

Disamping itu, Komitmen Pengadilan Negeri Gunungsitoli dalam membangun Zona Integritas menjadi yang utama dalam pondasi terlahirnya inovasi ini, secara detail dengan adanya inovasi ini, Pengadilan Negeri Gunungsitoli meyakini tidak ada celah bagi calo dalam mengurus Surat Keterangan, dan tidak ada kesempatan bagi Oknum di Pengadilan Negeri Gunungsitoli untuk menerima gratifikasi terkait pengurusan Surat Keterangan.

“ Dengan adanya E – Suket ini, maka adanya keabsahan Surat Keterangan, dan Surat Keterangan Pengadilan Negeri Gunungsitoli juga wajib disertai Barcode yang otentik, dan dapat di cek menggunakan Scan QR Barcode sehingga menunjukkan status proses Surat Keterangan dari pemohon, “ Jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00