Pemkab Nias Barat Sampaikan Klarifilasi Terkait Pemberhentian Kadiskes ke KASN

Sekda Nias Barat menyampaikan Klarifikasi ke KASN terkait pemberhentian sementara jabatan Kadis Kesehatan.

KBRN, Gunungsitoli: Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), meminta klarifikasi Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu terkait pemberhentian Rahmati Daeli dari Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat yang dinilai bertentangan dengan aturan perundangan-undangan.

Permintaan klarifikasi oleh KASN tersebut berlangsung di Hotel Kaliki Kota Gunungsitoli yang turut dihadiri Pemerintahan Kabupaten Nias Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., didampingi sejumlah Asisten, Kepala Bagian, Kepala Dinas dan Kepala Badan Kepegawaian Nias Barat.

Dalam klarifikasi yang disampaikan Sekda Fakhili Gulo menyatakan bahwa pemberhentian sementara jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat Rahmati Daeli sudah sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

"Pemberhentian sementara jabatan Kepala Dinas Kesehatan yang dilakukan Bupati Nias Barat sudah sesuai menurut hukum dan aturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia, bila ada yang berkeberatan disilahkan, karena itu haknya," ujarnya, Minggu (19/9/2021).

Pemberhentian sementara terhadap Rahmati Daeli dalam jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat, jelas Sekda, dikarenakan tidak tercapainya penanganan Covid-19 di Kabupaten Nias Barat, bahkan dana yang diperuntukkan pada penanganan covid-19 belum cair sepersen pun.

"Selain rendahnya penanganan covid-19, juga karena adanya pertimbangan lain melalui uji kompetensi terhadap Rahmati Daeli yang telah menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan lebih dari 5 Tahun," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Asisten Komisioner KASN  Kusen Kusdiana, menyatakan akan memberikan rekomendasi terhadap kasus pemberhentian jabatan Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Barat ini tentu dengan berdasarkan evaluasi dan berbagai pertimbangan.

 "Jika terdapat ketidak sesuaian dari keputusan tersebut maka akan kita evaluasi kembali, dan kita akan sampaikan kesimpulan dari klarifikasi secepatnya," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00